Prof. Ayu Luncurkan Dua Karya Terbaru

Jember, 18 Desember 2013

Kesenian tari tradisional “Jaran Goyang menjadi tari pembuka dalam acara peluncuran dua buku terbaru karya Prof. Ayu Sutarto, di Aula Fakultas sastra, (18/12). Prof. Ayu Sutarto adalah salah satu guru besar dari Fakultas Sastra yang telah banyakmelahirkan karya buku. Puluhan buku telah di terbitkan yang kebanyakan mengulas tentang kebudayaan dan seni.

Dua buku baru karya Prof Ayu yang berjudul “Disini Aku Berburu Tuhan Disana Engkau Berburu Kerinduan” dan “Hati Yang Menyapa (Dari Renungan ke Renungan) diluncurkan bersamaan dengan hari ulang tahunnya yang ke 64. Dekan Fakultas Sastra Dr. Hairus salikin, M.Ed dalam sambutannya memberikan aprisiasi kepada Prof Ayu atas karya buku yang sudah banyak dia tulis.

“Prof. Ayu adalah satu diantara 4 guru besar yang ada disastra dan beliau sangat produktif sekali dalam berkarya. Semoga karya-karya dari Prof. Ayu dapat diikuti oleh karya-karya dari Guru Besar yang lain karena seorang guru besar harus memiliki pemikiran yang besar dan karya yang besar,” papar dekan.

Sudah berpuluh-puluh buku mengenai kebudayaan dan roman sudah dia lahirkan. Bukan Prof. Ayu namanya jika gersang dari prestasi. Begitu banyak prestasi yang sudah beliau torehkan. Salah satunya Anugerah Kebudayaan Nasional 2013 yang baru saja draih oleh Prof. Ayu. Tidak banyak yang mendapatkan Anugerah tersebut. “Tidak banyak yang mendapatkan anugerah itu hanya 40 orang saja dari seluruh Indonesia dan untuk Jawa Timur hanya dua orang, Prof Ayu dan seorang ahli keris dari tanah Madura,” imbuh dekan.

Prof. Ayu beberapa kali meneteskan air mata. Beliau merasa sangat berbahagia sekali atas perjalanan hidup yang sudah dilalui selama 64 tahun. Sudah puluhan buku dan ratusan tulisan sudah beliau torehkan. “Saya sangat bersyukur sekali atas apa yang telah Tuhan berikan kepada saya. Karena semua apa yang saya dapatkan tidak pernah saya mimpikan semua adalah karena kehendak Allah,” tutur Prof. Ayu. Dalam penutup sambutannya Prof. Ayu melantunkan Doa Sunan Drajat. (Mj)

Leave us a Comment