Prodi Pendidikan Sejarah Raih Akreditasi A

Jember, 22 April 2015

Berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT), program studi pendidikan Sejarah Universitas Jember mendapatkan akreditasi A untuk tahun 2015-2020. Ketua Program Studi (Prodi) pendidkan Sejarah Dr. Nurul Umamah, M.Pd mengatakan makna dari peningkatan akreditasi adalah peningkatan mutu pendidikan, peningkatan fasilitas, peningkatan proses dan input-nya.

“Akreditasi adalah proses yang harus dilalui dan proses akreditasi saat ini sangatlah ketat dan tidak mudah lantaran semua universitas dan fakultal sedang berlomba-lomba mendapatkan akreditasi unggul,” ujar Nurul saat wawancara di ruang kerjanya, (21/04).

Bahkan menurutnya, tidak jarang ada jurusan di universitas lain yang justru memperoleh penurunan akreditasi dari A menjadi C lantaran adanya penurunan dalam segala hal. Karena itu, menurut dia, tentunya sangat berat upaya Prodi pendidikan Sejarah untuk bisa meningkatkan akreditasi menjadi A.

Nurul mengatakan, mahasiswa lulusan pendidikan Sejarah tidak harus selalu menjadi tenaga pendidik khususnya sebagai guru Sejarah. “Mereka juga kita latih kewirausahaan sehingga bisa juga sebagai tour guide wisata budaya dan sejarah, arsiparis juga kita berikan pada mahasiswa kami,” ujarnya.

Selain itu menurutnya, mahasiswa juga didorong untuk dapat mengembangkan suasana akademik yang lebih baik. Salah satu cara adalah dengan aktif dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Karena kata dia, dengan berorganisasi pola pikir dan jaringan mahasiswa menjadi lebih berkembang.

Namun Nurul mengakui, lama masa studi para mahasiswa terbilang cukup lama sehingga itu menjadi poin yang harus benar-benar diperhatikan oleh pihak jurusan. “Masa studinya lama-lama, kebanyakan mereka enggan segera menyelesaikan skripsi karena sudah kerja, ada yang jadi guru bahkan sampai kepala sekolah sehingga untuk masa tunggu kerja hampir tidak ada” pungkasnya.

Nurul juga mengaku, naiknya akreditasi Prodi Sejarah menjadi A tidak terlepas dari dukungan Rektor Universitas Jember. “Saya sangat berterimakasih sekali kepada bapak rektor atas dukungannya karena kami didukung secara penuh untuk sarana dan prasarananya untuk pengembangan akademik,” pungkasnya. (Mj)

Leave us a Comment