Prodi D3 Keperawatan Gelar Pembekalan Etika Profesi Dan Pembinaan Alumni

Pembinaan-Alumni-Oleh-nurul-hayati_UNEJ-768×512

Lumajang, 2 Oktober 2018

Program studi Diploma 3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang gelar pembekalan etika profesi, Jumat (21/9). Acara tersebut diikuti oleh 150 peserta yang merupakan para lulusan 2018 dari Prodi D3 Keperawatan. Pembekalan ini ditujukan untuk memberikan gambaran kepada alumni bagaimana potret dunia kerja perawat. Hal itu diperlukan karena persaingan dunia kerja semakin ketat dan para penyedia lapangan kerja pun semakin selektif memilih para calon tenaga kerja.

Pada acara ini panitia mengundang direktur Rumah Sakit Bina Sehat Jember drg. Yunita Puspita Sari Pakpahan., M.Kes, untuk menyampaikan kiat-kiat bagaimana seseorang layak untuk diterima di suatu tempat kerja terutama sebagai perawat. Dalam kesempatan ini Puspita juga menyampaikan materi mengenai persiapan memasuki dunia kerja mulai dari strategi interview kerja, pembuatan curriculum vitae, sampai dengan kepemimpinan dan manajemen kerja.

Selain itu peserta juga diberikan motivasi mengenai tips meraih hidup yang sejahtera. Materi ini disampaikan oleh Suhari selaku ketua DPD PPNI Kabupaten Lumajang. Di hadapan para peserta Suhari menyampaikan untuk hidup sukses diperlukan banyak bersyukur dan berdoa dengan cara melakukan segala sesuatu yang terbaik.

Suhari juga mengingatkan kepada para lulusan baru agar terus meningkatkan lisensi keilmuan mereka. Menurutnya, seorang perawat harus memenuhi kompetensi profesi dan menjadi anggota organisasi profesi untuk menunjang perkembangan karir.

“Perawat juga harus melaksanakan pekerjaan sesuai norma dan etika profesi dengan totality. Dengan begitu diharapkan anda semua dapat melaksanakan tugas sebagai perawat dengan baik dan tetap menjaga nama baik almamater,” ujar Suhari.

Tidak hanya itu saja, selain memberikan pembekalan pada lulusan 2018 Prodi D3 Keperawatan Universitas Jember juga melakukan pembinaan kepada para alumni angkatan 2016, (26/9). Achlish Abdillah ketua panitia mengatakan, acara tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran tugas dan tanggung jawab alumni kepada almamater, peningkatan wawasan dan informasi keilmuan alumni.

“Tentunya acara ini sekaligus untuk menjalin silaturahmi antar alumni agar tetap ada timbal balik antara alumni dan almamater,” ujar Abdillah.

Pernyataan Abdillah dibenarkan oleh ketua IKA (Ikatan Keluarga Alumni), Saiful Anam. Anam juga mengatakan sebagai alumni harus tetap peduli  terhadap almamater. Selain itu menurut Anam acara seperti ini juga sangat bermanfaat untuk pembinaan alumni terkait informasi-informasi keilmuan yang baru.

Peserta dalam kesempatan ini juga mendapatkan materi tentang kepemimpinan dan manajemen yang disampaikan oleh Nurul Hayati Koordinator Prodi D3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang. Dalam paparannya Nurul menyampaikan kiat-kiat menjadi seorang pemimpin dan bagaimana memanajemen sumber daya manusianya.

“Dengan menjadi pemimpin yang baik, pasti orang juga akan menengok dari manakah dia berasal, tentunya nama almamater juga semakin terangkat,” ujar Nurul. (Tim Berkarya Lumajang)