Presdir PT. Radana Bhaskara Finance, Tbk : Lulusan Universitas Jember Harus Berani Bersaing

 

Jember, 26 Juli 2016.

Evy Indahwaty, Presiden Direktur PT. Radana Bhaskara Finance, Tbk., meminta agar seluruh lulusan Universitas Jember untuk berani bersaing di segala bidang. Pasalnya ilmu yang diperoleh selama di bangku kuliah rata-rata sama, baik lulusan Universitas Jember maupun perguruan tinggi lainnya. Tinggal bagaimana masing-masing pribadi akan menggunakan modal ilmu yang sudah diperoleh dalam bersaing di kehidupan nyata. “Sudah banyak lulusan Kampus Tegalboto yang sukses di berbagai bidang. Jadi tidak perlu takut, buktikan jika lulusan Universitas Jember mampu bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya,” kata Evy di depan para wisudawan periode V tahun akademi 2015/2016 Universitas Jember yang diwisuda di Gedung Soetardjo (23/7).

Ajakan Evy bukan tanpa sebab, pasalnya dirinya adalah juga lulusan Universitas Jember yang kini dipercaya menduduki posisi tertinggi di sebuah perusahaan pembiayaan di Indonesia. Bahkan Evy berhasil membawa PT. Radana Bhaskara Finance, Tbk., menjadi perusahaan pembiayaan yang masuk dalam 10 besar perusahaan pembiayaan di Indonesia versi majalah Info Bank. Sebagai informasi, Evy Indahwaty adalah alumnus Program Diploma Fakultas Ekonomi jurusan Administrasi Perusahaan Universitas Jember.

Evy lantas membeberkan resep suksesnya di hadapan segenap hadirin. Menurutnya, ilmu yang diperoleh di bangku kuliah hendaknya didukung dengan integritas diri yang baik. “Untuk berhasil harus memiliki attitude yang baik, yang bersumber dari nilai-nilai spiritual. Ini merupakan dasar dari segalanya,” ujar perempuan asli Jember ini. Kedua, memiliki visi ke depan yang dapat menjadi panduan dalam melangkah. “Tentukan apa yang akan menjadi target kita ke depan. Pahami  apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan dari diri kita, lantas perkuat potensi yang ada sembari memperbaiki kelemahan,” lanjutnya.

Untuk berhasil, menurut Evy juga perlu keluar dari zona nyaman. Dirinya lantas mencontohkan saat mendapatkan tantangan untuk memulai unit usaha baru yang benar-benar berbeda dengan pekerjaan yang selama ini digelutinya. “Suatu saat saya ditawari untuk memulai bisnis pembiayaan barang elektronik yang merupakan hal baru bagi saya. Sebuah pekerjaan yang berat dan perlu perjuangan, namun dengan kerja keras akhirnya saya berhasil menjadikan perusahaan baru ini dalam 2 tahun masuk dalam lima besar perusahaan pembiayaan di Indonesia. Jika tantangan tadi tidak saya ambil, mungkin saya tidak seperti hari ini,” tutur Evy yang diwisuda tahun 1987 lalu.

Selanjutnya Evy meminta kepada alumnus Universitas Jember untuk berusaha menjadi yang terbaik di mana pun berada, dan di bidang apa saja. Caranya dengan terus berpikir positif sehingga mampu mengubah setiap hambatan menjadi peluang. Salah satu yang bisa dikerjakan adalah dengan membangun jaringan (networks), seperti menjalin hubungan dengan sesama alumni melalui Keluarga Alumni Universitas Jember (Kauje). “Sekali lagi lulusan Universitas Jember harus berani bersaing, buktikan bahwa kita bisa. Dan jangan lupa, harus bangga sebagai alumnus Universitas Jember,” pungkasnya disambut aplaus meriah dari segenap hadirin di Gedung Soetardjo.

Sementara itu menurut Rektor Universitas Jember, Moh. Hasan, kehadiran alumnus Universitas Jember yang berprestasi di segala bidang di setiap kali ajang wisuda, diharapkan mampu memotivasi dan menjadi contoh bagi para wisudawan. “Kali ini kami menghadirkan Ibu Evy Indahwaty, yang memiliki prestasi luar biasa sebab tidak banyak perempuan yang mampu menduduki pucuk pimpinan perusahaan pembiayaan di Indonesia,” kata Moh. Hasan. (iim).

Leave us a Comment