PNS Harus Siap Ditempatkan Diseluruh Indonesia

Jember, 1 Februari 2016

Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus siap ditempatkan diseluruh Indonesia. Hal itu berlaku bagi Pegawai Negeri Sipil yang berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai dengan Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Demikain yang disampaikan oleh Aidu Tauhid  Direktur pengadaan dan kepangkatan BKN Sosialisasi Undang – Undang No. 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) di aula lantai III gedung rektorat Universitas Jember, Kamis, (28/1).

“Apabila sudah diberlakukan nantinya akan ada dua jenis pegawai ASN yang pertama adalah PNS yang statusnya sebagi pegawai ASN dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dan keduanya bisa dipindah tugaskan di seluruh Indonesia” ujarnya.

Dalam acara yang dihadiri seluruh jajaran pimpinan di lingkungan Universitas Jember ini Aidu menjelaskan PPPK merupakan pegawai ASN yang diangkat sebagai pegawai dengan perjanjian kerja minimal satu tahun dan maksimal selama 5 tahun oleh Pejabat Pembina Kepegawaian sesuai dengan kebutuhan Instansi Pemerintah. “Minimal dua tahun sekali mereka (PPPK) akan dievaluasi kinerjanya apakah layak diperpajang atau tidak dilanjutkan,” imbuhnya.

Aidu menambahkan, pegawai yang statusnya sabagai PPPK memiliki hak kewajiban layaknya seorang PNS. Mereka (PPPK) bisa menduduki posisi pimpinan maupun posisi strategis lainnya jika memang memilki kompetensi yang bagus.

“Jadi nanti antara PNS dengan pegawai yang berstatus PPPK akan saling berkompetisi untuk menempati posisi strategis, karena sama sekali tidak ada perbedaan dalam hal hak dan kewajiban hanya saja ASN yang berstatus PPPK tidak mendapatkan dana pensiun,” imbuh Aidu.

Menurut pria pecinta Tape ini, penerapan Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) ini masih menunggu peraturan pemerintah terkait hal itu. “Kami masih menunggu PP yang mengatur hal itu dan ini penting untuk segera dilaksanakan dalam rangka pembenahan kepegawaian yang ada saat ini,”  pungkasnya.

Leave us a Comment