Petugas Kesehatan Rentan Tertular Dan Menularkan Penyakit

Jember, 24 November 2014

Semua tenaga kesehatan sangat rentan sekali tertular penyakit menular dari yang ditangani. Oleh karena itu dalam.menjalankan tugasnya, para petugas kesehatan baik perawat maupun dokter harus menggunakan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang benar agar kerentanan tersebut tidak terjadi.

Demikian yang disampaikan oleh Ns. Dodi Wijaya, M.Kep selaku Tim Manajemen Keperawatan Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Jember. Hal itu disampaikan dalam Seminar Regional Keperawatan 2014 di Aula PT.Rolas Nusantara Medica (RSU Kaliwates Jember ), (22/11) yang digelar oleh mahasiswa  PSIK yang sedang menempuh praktik pendidikan profesi nerr.

Dalam seminar yang mengangkat tema “Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan” Ns. Dodi menyampaikan, kasus tertularnya virus ebola salah satu dokter beberapa waktu lalu menunjukkan betapa pentingnya pengetahuan SOP dalam menangani pasien atau yang lebih dikenal dengan istilah Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI).

“Pasti ada standar kerja yang dilewatkan sehingga dokter itu bisa tertular, karena jika benar-benar menerapkan standar PPI dengan baik pasti aman,” ujarnya. Dalam seminar yang diikuti oleh 65 orang dari staf RSU Kaliwates Jember dan RSU Bhakti Husada, Krikilan Banyuwangi, Dodi menyampaikan, seorang tenaga kesehatan tidak hanya rentan tertular penyakit namun mereka juga sangat dimungkinkan menularkan penyakit kepada pasien.

“Seminar ini sangat penting sekali bagi para tenaga kesehatan maupun untuk teman-teman mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan profesi ners yang pada akhir mungkin juga akan menjadi perawat,” jelas Dodi.

Sementara itu Direktur PT.Rolas Nusantara Medica yang dalam hal ini diwakili oleh Ns. Jamal, S.Kep menyampaikan, rasa terima kasih kepada mahasiswa PSIK yang sedang praktik di RSU Kaliwates Jember. ”Baru saja menjalin kerjasama (MOU) langsung bisa berkiprah dengan mengadakan seminar, kami harap pengembangan keilmuan seperti ini akan terus berlanjut,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua PSIK Universitas Jember Ns. Lantin Sulistyorini.S.Kep.M.Kes juga memberikan apresiasi kepada semua panitia yang telah sukses menggelar seminar PPI. ”Saya sangat bangga dengan mahasiswa PSIK mari kita lanjutkan kegiatan kegiatan ilmiah seperti ini karena hal ini bertujuan melatih semua staf terlatih, untuk mengidentifikasi dan mengatasi risiko infeksi secara proaktif ujar Lantin. (Mj)

Leave us a Comment