Pesta Demokrasi Di Universitas Jember Kampus Lumajang Berjalan Sukses

PemiraUNEJLmj-1-170×300

Lumajang, 27 November 2018

Mahasiswa Program Studi Diploma 3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang sukses menggelar pesta demokrasi. Hal ini ditandai dengan terpilihnya duet Findi Pradana dan Dharmayanti Putri Jaladri sebagai Ketua dan Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa (Hima) Program Studi Diploma 3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang. Dalam pengumuman resmi hasil pemungutan suara yang disampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) pada hari Senin (26/11), pasangan Findi-Dharmayanti  memperoleh 70 suara, sementara koleganya, pasangan Sisma Yessi Yunita dan Nur Yuliani mendapatkan 43 suara. Dengan demikian, pasangan Findi-Dharmayanti bakal memimpin Hima Program Studi Diploma 3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang masa bhakti 2018-2019.

Menurut Arin Siska Kristian selaku Ketua Hima periode sebelumnya, proses pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Hima diawali dengan masa kampanye yang dilakukan dari 18 November hingga 21 November 2018. Tahapan lantas dilanjutkan dengan debat kandidat  dalam rangka penyampaian visi dan misi setiap paslon (22/11). Paslon nomor urut satu mengusung  tema kampanye “Totalitas dan loyalitas tiada batas”, dengan visi menjadikan Hima yang unggul, aspiratif, inovatif dan solutif di wilayah Jawa Timur pada tahun 2019. Sementara misinya adalah membangun berlandaskan kekeluargaan dan bernafaskan profesionalisme, menguatkan media aspirasi untuk melayani mahasiswa dan masyarakat secara solutif, memfasilitasi pembangunan minat, bakat, keilmuan dan karakter mahasiswa prodi D3 keperawatan di kanca universitas, nasional dan internasional, dan mengembangkan kerja sama strategis sebagai upaya pemecahan masalah regional, nasional dan internasional di lingkup kesehatan.

Sementara itu Paslon nomor urut dua mengangkat tema kampanye “Bekerja sama untuk semua kegiatan dan satu untuk sebuah tujuan”. Visinya menjadikan mahasiswa Program Studi Diploma 3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang lebih berdedikasi, disiplin serta menjadi generasi yang berkualitas disertai misi dengan membangun relasi yang luas dengan mengoptimalkan kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat, mengadakan kegiatan yang menunjang sisi akademis maupun non akademis, memfasilitasi gagasan mahasiswa Program Studi Diploma 3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang dalam cipta karya, membangun hubungan yang harmonis dengan menjaga kekeluargaan seluruh civitas akademika.

Jalanya adu program dan strategi dalam debat menghadirkan beberapa pertanyaan dari peserta debat, salah satunya pertanyaan dari Indriana Noor Istiqomah dosen Program Studi Diploma 3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang. Dirinya bertanya bagaimana cara mengembangkan mahasiswa baik dari skill, minat dan bakat sehingga masuk minimal di kancah nasional yang mana dapat meningkatkan akreditasi ? Paslon pertama menjawab pertanyaan dengan merangkul mahasiswa melalui kegiatan-kegiatan akademis dan non akademis yang berkualitas.

Rangkaian kegiatan debat berjalan dengan lancar dan bermartabat, semua Paslon dapat menjawab dengan tegas dan lugas tanpa menjatuhkan satu sama lain. Tahapan lantas menuju dengan pemungutan suara yang diadakan pada hari Jumat  (23/11) di ruang tunggu kampus setempat. “Pemungutan suara dimulai pukul 09.00 hingga 20.00 WIB dengan menggunakan e-Tempat Pemungutan Suara yang dilakukan melalui akun sister yang dimiliki oleh mahasiswa,” jelas Arin Siska Kristian.

Dari data yang dihimpun oleh KPUM, terdapat 275 mahasiswa yang berhak menggunakan suaranya. “Namun ada 161 mahasiswa yang tidak menggunakan hak nya karena tengah melaksanakan tugas praktikum di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang, dan ada mahasiswa yang masih bertugas di Panti Sosial Tresna Werda Jember,” imbuh Arin Siska Kristian.  Dirinya selaku Ketua Hima tahun 2017/2018 mengucapkan selamat kepada Ketua dan Wakil Ketua Hima terpilih. “Selamat untuk Pradana dan Dharmayanti, yang telah terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua Hima, harapannya semoga dapat menjaga amanah dan mampu membawa Program Studi Diploma 3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang dalam kancah nasional, serta mampu bersaing dalam lapangan kerja industri di era globalisasi saat ini,” ucapnya. (Tim Berkarya Kampus Lumajang)