Peserta MTQM Universitas Jember 2016, Meningkat Dua Kali Lipat

Jember,31 Oktober 2016

Peserta Musabaqah Tilawatil Qur`an Mahasiswa (MTQM) Universitas Jember tahun ini meningkat dua kali lipat. Perkembangan menggembirakan ini disampaikan oleh Abdul Majid, pembina Lembaga Dakwah Kampus (LDK) di sela-sela acara pembukaan MTQM yang dipusatkan di Mesjid Al Hikmah Kampus Tegalboto (31/10). “Kegiatan MTQM tahun ini diikuti oleh 183 peserta dari seluruh fakultas dan program studi yang ada, padahal pada pelaksanaan MTQM tahun-tahun sebelumnya, biasanya hanya diikuti 70-an peserta,” ujar Abdul Majid yang juga dosen di Fakultas Pertanian ini.

Masih menurut Abdul Majid, peningkatan jumlah peserta ini patut disyukuri karena menandakan minat mahasiswa di Kampus Tegalboto untuk mempelajari Al Qur’an dan kandungannya, masih terjaga dengan baik. Kegiatan MTQM kali ini sekaligus menjadi ajang mencari wakil Universitas Jember yang akan berlaga di MTQM tingkat nasional. “MTQM Universitas Jember diharapkan menghasilkan bibit qori dan qoriah, penghafal Al Qur’an, pelukis kaligrafi, serta wakil yang akan ikut dalam lomba karya tulis ilmiah Al Qur’an di MTQM Tingkat nasional, yang rencananya akan digelar di Universitas Muhammadiyah Malang pada bulan Juni 2017,” katanya lagi.

Sementara itu dalam sambutan pembukaannya, Rektor Universitas Jember, mengapresiasi agenda rutin dua tahunan ini, apalagi jumlah pesertanya meningkat dua kali lipat. “Semoga kegiatan MTQM menjadi sarana bagi kita semua, segenap Muslimin di Kampus Tegalboto untuk belajar dan mengaplikasikan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” kata Moh. Hasan. Seperti tahun-tahun sebelumya, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kerohanian Islam LDK dipercaya menjadi pelaksana kegatan MTQM. MTQM Universitas Jember digelar hingga tanggal 2 November 2016.

Dalam kesempatan yang sama, Amar Amrullah, ketua panitia kegiatan menjelaskan jika peningkatan peserta dalam MTQM Universitas Jember tahun 2016 tidak lepas dari kerja keras segenap panitia untuk mensosialisasikan kegiatan MTQM ke seluruh fakultas, bekerjasama dengan UKM Kerohanian Islam di tingkat fakultas. Dari catatan panitia, terdapat 73 peserta untuk kategori lomba Tartil, dan 23 peserta kategori Tilawah. Lomba hafalan Al Qur’an diikuti oleh 33 peserta, lomba kaligrafi dengan 19 peserta, sementara LKTI Al Qur’an diikuti oleh 15 tim. Untuk dewan juri dipercayakan kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur`an (LPTQ) Jember, dan para dosen di Universitas Jember untuk kategori LKTI Al Qur’an. (nis/lid)

Leave us a Comment