Pertama Kalinya Pascasarjana Gelar Yudisium Untuk Magister IKM

yudisium_pascasarjana_UNEJ-768×512

Jember, 10 September 2018

Untuk pertama kalinya Pascasarjana Universitas Jember menggelar Yudisium pada Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Periode I Tahun Akademik 2018/2019. Yudisium ini diikuti oleh 32 lulusan. Dalam sambutannya direktur Pascasarjana Prof. Dr. Ir. RudiWibowo, M.S. mengingatkan kepada para lulusan untuk terus melanjutkan proses pembelajaran.

“Belajar tidak harus di bangku kuliah, kemajuan teknologi yang kian pesat berdampak pada kemudahan dalam mengakses informasi. Kemajuan teknologi ini kemudian berdampak pada munculnya literasi-literasi keilmuan baru. Oleh karena itu kalian semua harus bisa menguasai literasi lain yang tidak dipelajari saat di kampus,” ujar Rudi.

Rudi mengatakan, literasi baru mulai bermunculan sebagai perwujudan semakin pesatnya ilmu pengetahuan yang sedang berkembang pada saat ini. Dunia yang kian dinamis menuntut untuk terus meningkatkan kompetensi agar benar-benar siap dalam menghadapi persaingan dalam segala bidang.

“Sekarang anda semua sedang berkiprah pada dunia yang kian dinamis. Maka dari itulah anda semua harus terus meningkatkan kompetensi anda agar benar-benar siap bersaing dikemudian hari,” imbuh Rudi.

Rudi juga mengingatkan agar para lulusan terus belajar terutama mengenai literasi teknologi dan literasi humanistis. Karena menurutnya, walaupun materi mengenai dua literasi tersebut telah diberikan dalam perkuliahan para yudisi diminta untuk lebih banyak belajar walaupun telah lulus dari perkuliahan.

“Karena yang dipelajari di kampus itu hanya materi dasarnya saja. Terutama mengenai literasi humanistis kalian harus kuasai betul. Karena melalui literasi humanistis ini kita bisa belajar bagaimana kita bermitra dan bernegoisasi. Hal itu diperlukan karena diluar sana kita harus bersinergi dengan yang lain untuk mencapai sebuah tujuan,” pungkas Rudi.

Sementara itu Doni Setiawan perwakilan para yudisi mengatakan, sejak awal dirinya sudah yakin akan melanjutkan proses pendidikannya di Pascasarjana Universitas Jember. Doni percaya dan yakin kuliah di Universitas Jember menjadi pilihan terbaik dalam proses pendidikannya.

“Dari akreditasi institusi sudah jelas Universitas Jember terakreditasi A. Para dosen pemberi materi pun sangat profesional dan menjalankan fungsi Tri Dharma Universitas dengan baik. Dari situlah mengapa saya dan para lulusan yang lain sangat bangga dan berterimakasih kepada para dosen yang telah sabar dan selalu memberikan motivasi kepada kami agar bisa selesai tepat waktu,” ujar Doni.