Perpustakaan Universitas Jember Raih Akreditasi A

perpus_unej_2

Jember, 7 Maret 2016

Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Jember baru saja memperoleh akreditasi A dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Akreditasi A merupakan bentuk apresiasi dari hasil kerja keras seluruh tim UPT Perpustakaan Universitas Jember selama ini. Prestasi ini membanggakan, pasalnya dari data Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, dari 2428 perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia, hanya 17 yang memperoleh akreditasi A, dan salah satunya adalah perpustakaan Universitas Jember. “Ini merupakan sejarah, untuk pertama kalinya UPT Perpustakaan Universitas Jember memperoleh akreditasi A,” ungkap Kepala Perpustakaan Universitas Jember, Ida Widiastuti, S.Sos., M.I.Kom, di sela-sela kesibukannya (7/3) .

Tidak hanya berbangga, Ida Widiastuti juga bersyukur mengingat perolehan akreditasi A diraih dengan susah payah dan penuh pengorbanan. “Seluruh awak perpustakaan mulai dari pustakawan sampai tenaga administrasi, bahkan tenaga kebersihan bahu membahu mewujudkan perpustakaan yang berkualitas dan nyaman,” tambah perempuan berjilbab ini. Ida kemudian menceritakan usaha yang telah dilakukan agar akreditasi A terwujud.

Kegiatan yang selalu rutin diadakan adalah rapat koordinasi bersama segenap Tim Gugus Pengendali Mutu yang dibentuk oleh Perpustakaan Universitas Jember. Tim ini berfungsi  untuk memenuhi semua kriteria penilaian yang terdapat dalam borang penilaian akreditasi,  termasuk membahas berbagai persiapan teknis seperti bagaimana melayani pemustaka, pelayananan keanggotaan perpustakaan, dan lainnya. “Kami melakukan pendataan mengenai item apa saja yang ada di borang, yang masih belum dapat kami penuhi. Apabila ada yang tidak sesuai dengan item pada borang, maka segera dilakukan perbaikan,” jelas Ida.

Ida juga menyampaikan bahwa aspek kenyamanan merupakan salah satu aspek paling penting yang menjadi masukan dari Tim Asesor Akreditasi kepada pihak Perpustakaan Universitas Jember. Oleh karenanya, hingga saat ini pihak dari perpustakaan beserta seluruh tim tetap berupaya melengkapi sarana prasarana demi terpenuhinya kepuasan pemustaka. Peningkatan rasa nyaman ini meliputi  kebersihan, kenyamanan ruangan dan kelengkapan koleksi buku dari perpustakaan itu sendiri.

Selain mendapatkan akreditasi A, Perpustakaan Universitas Jember juga mencatatkan prestasi lain. Repositori UPT Perpustakaan Universitas Jember  menduduki peringkat kesepuluh se-Indonesia versi webometric. “Repositori adalah koleksi digital yang dimiliki sebuah perpustakaan, meliputi koleksi buku, penelitian, skripsi, tesis dan desertasi,” jelas Ida lagi. Sebagai Kepala UPT Perpustakaan Ida bertekad akan meningkatkan peringkat repositori Perpustakaan Universitas Jember. “Kami berharap dengan seluruh upaya yang kami lakukan, dapat menaikkan ranking repositori, yang nantinya juga akan memberikan kontribusi signifikan pada penilaian ranking universitas,” tutur Ida. Keyakinan Ida didukung dengan keunggulan yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Jember.

Salah satunya adalah adanya alat Scanrobot yang dimiliki Perpustakaan Universitas Jember. Scanrobot merupakan sebuah alat serupa robot yang bertugas untuk memindai seluruh isi buku secara otomatis dan menkonversikannya ke bentuk digital. “Selain itu Scanrobot dipakai perpustakaan untuk melestarikan buku-buku bersejarah, dan buku kuno yang kondisinya sudah lapuk dimakan usia. Di Indonesia, perpustakaan yang menggunakan scanrobot dapat dihitung dengan jari,” jelas Ida.

Ida juga menyampaikan bahwa adanya koleksi unggulan yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Jember menjadi pembeda dengan perpustakaan lainnya di Indonesia. Dimana Universitas Jember memiliki koleksi unggulan yang terdiri dari koleksi buku berbahasa Osing, Madura, dan Tengger. “Adanya koleksi buku berbahasa Osing, Madura dan Tengger ini menjadi daya tarik tersendiri, bahkan ada pustakawan dari Australia yang sudah menghubungi kami karena tertarik dengan koleksi di sini,” kata Ida. Koleksi unggulan ini nantinya terus akan dikembangkan oleh Ida bersama tim agar koleksinya terus bertambah dan semakin lengkap.

Untuk diketahui, saat ini jumlah koleksi Perpustakaan Universitas Jember berjumlah 293.120 eksemplar, dengan 136.861 judul. Koleksi tersebut terdiri dari artikel, koleksi audio visual, terbitan berkala, buku teks, jurnal internasional, jurnal nasional, laporan penelitian, makalah, prosiding, referensi dan lainnya. Selain meningkatkan sarana dan prasarana, peningkatan kualitas sumber daya manusia juga mendapatkan perhatian. Salah satu yang dilakukan oleh Perpustakaan Universitas Jember adalah berusaha untuk menambah jumlah pustakawan. Saat ini jumlah pustakawan di Perpustakaan Universitas Jember berjumlah 13 orang. “Kami terus mendorong kawan-kawan di perpustakaan untuk meneruskan pendidikan di bidang perpustakaan agar dapat menjadi pustakawan,” pungkasnya. (lida/iim).

1 Comment

  • Basofi Ali Mashuri
    Reply

    Semoga dengan akreditasi ini juga menjadi motivasi mahasiswa/i Universitas Jember lebih giat membaca. Sukses untuk Universitas Jember

Leave us a Comment