Perpustakaan Universitas Jember Ajak Siswa Cintai Buku Melalui Mading

Jember, 21 April 2016

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Jember untuk pertama kalinya mengadakan Lomba majalah Dinding (Mading) 3 Dimensi. Lomba yang bertemakan “Membangun Generasi Berkarakter, Cinta Buku, Cinta Ilmu dan Inspiratif” tersebut merupakan puncak dari serangkaian acara untuk memperingati Hari Buku Sedunia pada Kamis, (21/4). Sebanyak 22 tim yang terdiri dari siswa-siswi SMA/SMK se-Jember turut serta dalam ajang tersebut. Tampak antusiasme siswa dan guru pendamping dalam mengikuti kegiatan lomba yang berlangsung di lobi Sampoerna Corner UPT perpustakaan Universitas Jember tersebut.

Chusnul, salah seorang guru pendamping asal SMAN Rambipuji menyatakan bahwa anak didiknya sangat bersemangat dalam mempersiapkan segala kebutuhan untuk persiapan lomba mading 3 dimensi ini. “Kami sebagai pendidik sangat mendukung dengan adanya kegiatan lomba mading ini. Apalagi jika melihat semangat dari siswa-siswi kami. Mereka rela pulang maghrib demi mempersiapkan kebutuhan untuk lomba. Tentu saja, kami berharap akan bisa menjadi pemenang dalam ajang ini mengingat semangat dan usaha keras dari siswa-siswi kami,” ucap Chusnul.

Lomba dibuka secara resmi oleh Pembantu Rektor I, Drs. Zulfikar, Ph.D. Dalam sambutannya, Pembantu Rektor I menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya terhadap kegiatan lomba mading 3 dimensi tersebut. Zulfikar juga menambahkan bahwa lomba mading ini sangat penting untuk diadakan guna meningkatkan kreatifitas para generasi muda dalam menghasilkan sebuah karya berupa tulisan dan gambar. “Jarang sekali perguruan tinggi yang mengadakan lomba mading 3 dimensi, sehingga acara ini menjadi sangat menarik bagi saya. Saya sangat mengapresiasi acara ini karena dapat mendukung kemampuan siswa dalam berekspresi untuk menciptakan sebuah karya 3 dimensi yang elok dan menarik,” ucap Zulfikar.

Sementara itu Kepala UPT Perpustakaan Universitas Jember,  Ida Widiastuti, S.Sos, M.I.Kom, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia yang terlibat dalam mempersiapkan acara serta apresiasinya terhadap siswa-siswi dan guru pendamping yang telah ikut serta dalam memeriahkan Lomba Mading 3 Dimensi. Ida juga berharap dengan diadakannya lomba ini akan membuat siswa-siswi SMA/SMK se-Jember dapat mengenal Universitas Jember dan Perpustakaan Universitas Jember lebih baik lagi. Dan kedepannya diharapkan juga agar ajang promosi seperti ini dapat terlaksana hingga dua kali dalam setahun.

“Harapannya, acara ini akan mampu memberikan impact terhadap kunjungan dari pihak eksternal ke Perpustakaan UNEJ. Karena untuk membuat mading yang baik butuh referensi yang baik pula. Selain itu, kami juga berharap dengan diadakannya lomba mading ini, siswa-siswi akan semakin mengenal UNEJ dan Perpustakaan UNEJ. Dan diharapkan perpustakaan bisa menjalin komunikasi yang lebih baik lagi dengan pihak eksternal dan dari pustakawan internal sendiri semoga semakin solid,” tutur Ida.

Tampil sebagai juara pertama adalah SMA 6 Ma’arif Bangsalsari, Jember, diikuti oleh SMK Ad Dimyathi, Jenggawah dan SMK Bustanul Ulum Jember sebagai juara kedua dan ketiga. Para juara berhak atas uang pembinaan, trophi dan sertifikat dari UPT Perpustakaan Universitas Jember. Sedangkan MA Muhammadiyah 1 Ambulu dan SMAN Rambipuji mendapatkan gelar juara harapan 1 dan 2. Dalam pemaparannya, ketua dewan juri Hari Setiawan mengungkapkan apresiasinya atas semua karya peserta. “Bahkan kami sempat bingung menentukan siapa yang jadi juara, karena semua peserta menampilkan karya yang menarik, unik dan kreatif,” ujar Pemred Radar Jember yang didampingi oleh ), Iman Suridi, Pemilik Taman Baca “Kampung Baca”, dan Yeni Erwanti dari LSM Generasi Inspirasi (GENI) sebagai juri. (lid)

Leave us a Comment