Peringati Hari Jadi, UKM Kesenian Universitas Jember Gelar Pameran Budaya Nusantara

PameranBudaya_unej-630x330px

Jember, 30 Januari 2017

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kesenian Universitas Jember tahun ini berusia dua puluh lima tahun. Guna memeriahkan hari jadinya ini, UKM Kesenian menggelar Pameran Budaya Nusantara 2017 (26-29/1). Pameran Budaya Nusantara menampilkan koleksi pusaka berupa keris, tombak, parang dari berbagai pelosok nusantara yang menjadi koleksi para  kolektor yang tergabung dalam berbagai kelompok pelestari pusaka Indonesia. Pameran Budaya Nusantara mengambil tempat pelaksanaan di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa, bekerjasama dengan Paguyuban Tosan Aji (Pataji) Nusa Barong Jember.

Menurut Tri Setiya Ningrum, ketua panitia kegiatan, Pameran Budaya Nusantara 2017 digelar dalam rangka memupuk rasa cinta akan budaya Indonesia, sekaligus sebagai usaha melesteraikannya. “Kami berharap melalui pengenalan terhadap pusaka asli Indonesia, akan muncul rasa kecintaan terhadap budaya bangsa di kalangan mahasiswa pada khususnya, serta masyarakat  Jember pada umumnya,” tutur mahasiswi FKIP angkatan tahun 2015 ini. Untuk diketahui, pameran budaya sendiri adalah kegiatan tahunan yang rutin digelar oleh UKM Kesenian Universitas Jember.

Pameran Budaya Nusantara Tahun 2017 yang mengangkat tema Tresnaning Tiyang, menampilkan 289 pusaka asli Indonesia dari berbagai jenis. Para peserta berasal dari Bali, Lombok, Malang, Lumajang, Gresik, Tuban, Surabaya. Madiun, Nganjuk. Bahkan dari Jakarta. Selain menjadi ajang bertemunya para pecinta tosan aji, kegiatan Pameran Budaya Nusantara juga menjadi ajang para pecinta pusaka untuk berbagi pengalaman dan konsultasi terkait pusaka, bahkan jual beli bagi yang berminat.

Selain pameran pusaka, UKM Kesenian Universitas Jember menampilkan berbagai atraksi seni seperti musik, tari, karawitan serta musikalisasi puisi sehingga mampu meramaikan kegiatan. Acara ditutup dengan penampilan seni serta pembagian doorprize dan pemberian penghargaan bagi paguyuban yang berpartisipasi dalam acara ini pada Minggu (29/1). (lid)

Leave us a Comment