Peringati Hari Buku Sedunia, Perpustakaan Universitas Jember Gelar Library Exhibition

Library_UNEJ

Jember, 15 Mei 2017

Dalam rangka Peringatan Hari Buku Sedunia, UPT Perpustakaan Universitas Jember menggelar UNEJ Library Exhibition dari 15 hingga 21 Mei 2017 di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM), kampus Tegalboto. Acara ini dibuka langsung oleh Zulfikar, Wakil Rektor I Universitas Jember (15/5). UNEJ Library Exhibition yang mengusung tema “Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui, Membaca, Menulis,  dan Publikasi Karya Ilmiah” bertujuan membangkitkan kembali semangat membaca, menulis dan publikasi karya ilmiah di kalangan sivitas akademik Universitas Jember.

Menurut Ida Widiastuti, Kepala UPT Perpustakaan Universitas Jember, rangkaian acara UNEJ Library Exhibition meliputi pameran dan bazaar buku, seminar, lomba membaca puisi, lomba menulis cerpen dan karya ilmiah. “Selain diadakan untuk memperingati  Hari Buku Sedunia, kegiatan kali ini dimaksdukan untuk mengisi rangkaian acara dalam rangka Hari Pendidikan Nasional,” ujar Ida.  Dirinya juga menambahkan acara ini mendapat respon yang positif dari berbagai pihak, dibuktikan dengan banyaknya jumlah peserta lomba yang mencapai angka 174 peserta, 138 untuk peserta menulis cerpen dan 36 untuk peserta menulis karya ilmiah. Ida berharap, di masa depan, UPT Perpustakaan akan lebih maksimal dan lagi dalam menjalankan tugasnya sebagai fasilitator publikasi karya ilmiah dan media ekspresi para akademisi.

Sementara dalam sambutan pembukaannya, Zulfikar menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan-kegiatan yang telah diselenggaralan oleh UPT Perpustakaan, termasuk kegiatan hari ini. Menurutnya perpustakan tidak hanya menyediakan koleksi buku tetapi merupakan garda terdepan dalam sumber belajar mahasiswa, dosen dan para akademisi. “Saya sangat bangga dan berterima kasih kepada UPT Perpustakaan yang telah secara periodik menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam mewujudkan fungsinya sebagai jantung perguruan tinggi,” tutur Zulfikar.

Rencananya di hari kedua UNEJ Library Exhibition, bakal mengadakan kegiatan Bincang Literasi dan Lomba Membaca Puisi, yang mendatangkan W. Tanjung Files atau yang lebih dikenal sebagai Fileski, penyair dan inspirator literasi media dari Surabaya. Turut memeriahkan kegiatan adalah 12 penerbit yang memamerkan buku terbitannya. Acara bakal ditutup dengan hiburan yang akan diisi oleh rekan-rekan dari Komunitas Stand Up Comedy Jember. (Lid)