Peringati Hari Buku Sedunia, Perpustakaan Universitas Jember Gelar Bazar Buku Murah

Jember, 14 April 2016

Tidak banyak orang yang tahu jika setiap tanggal 23 April diperingati sebagai Hari Buku Sedunia. Guna mengenalkan Peringatan Hari Buku Sedunia, Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Jember menggelar Bazaar Buku Murah dari tanggal 11-21 April 2016 di lobby Perpustakan Uiversitas Jember. Menurut Kepala UPT Perpustakaan Universitas Jember, Ida Widiastuti, S.Sos., M.I.Kom., pihaknya menyediakan kurang lebih 50 ribu buku yang dijual dari harga 5 ribu rupiah hingga 20 ribu rupiah saja. Tersedia beraneka ragam judul buku dari berbagai penerbit, mulai buku tentang pengetahuan, agama hingga resep masakan.

Selain memperkenalkan Peringatan Hari Buku Sedunia, kegiatan bazar buku murah juga ditujukan untuk mendorong minat baca di kalangan sivitas akademika Kampus Tegalboto dan masyarakat Jember, sekaligus meningkatkan angka kunjungan ke Perpustakaan Universitas Jember. “Perpustakaan Universitas Jember ini tidak diperuntukkan bagi sivitas akademika Kampus Tegalboto saja, tapi juga terbuka bagi kalangan umum. Bahkan bagi masyarakat Jember yang ingin membaca dan meminjam buku, kami menyediakan fasilitas kartu baca, kartu sakti, dan kartu super,”  jelas Ida di sela-sela pembukaan kegiatan (11/4). Ida juga menegaskan, bahwa kegiatan membaca akan membuka khazanah ilmu pengetahuan tanpa mengenal batas wilayah.

Sementara itu salah satu pengunjung Bazaar Buku Murah, Regina, menyatakan dukungannya dengan adanya kegiatan seperti ini. Menurut mahasiswa tingkat akhir ini, kegiatan Bazar Buku Murah  sangat bermanfaat bagi dirinya yang tengah menyelesaikan tugas akhir. “Buku-buku yang dijual di bazar ini cukup lengkap, sehingga sangat membantu saya mencari buku referensi untuk menyelesaikan skripsi. Apalagi dengan harga yang sangat terjangkau,” tutur Regina.

 Tidak hanya menggelar Bazaar Buku Murah, Perpustakaan Universitas Jember juga menggelar lomba Majalah Dinding (Mading) 3 Dimensi yang sekaligus menjadi puncak acara Peringatan Hari Buku Sedunia (21/4). Lomba ini khusus bagi siswa SMA sederajat di Jember dan sekitarnya, dimana satu sekolah diwakili satu tim yang terdiri dari maksimal empat orang. “Tema utama yang diangkat boleh bersumber dari repository perpustakaan Universitas Jember atau perkembangan IPTEKS. Sementara tema hiburan boleh diisi dengan cerpen, kata mutiara atau yang lainnya,” kata Ida yang mengharapkan lomba Mading 3 Dimensi mampu meningkatkan minat baca di kalangan anak muda. (lida/mun/is)

Leave us a Comment