Peringatan Hardiknas, Momentum Belajar Seumur Hidup

Hardiknas-UNEJ-1-768×510

Jember, 2 Mei 2019

Peringatan Hari Pendidikan Nasional hendaknya menjadi momentum bagi insan pendidikan untuk terus menggelorakan semangat belajar seumur hidup (long life education). Pasalnya tuntutan kehidupan di masa depan makin kompleks akibat perubahan di berbagai sisi kehidupan yang makin sering terjadi. Oleh karena itu perlu semangat belajar seumur hidup dan daya adaptasi agar sukses mengatasi segala rintangan. Ajakan ini disampaikan Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember saat memberikan sambutan dalam rangka upacara Hari Pendidikan Nasional di lapangan upacara Kampus Tegalboto yang dihadiri unsur pimpinan, dosen, karyawan dan mahasiswa (2/5).

Moh. Hasan lantas berharap agar segenap keluarga besar Universitas Jember memahami kembali arti kata edukasi yang berasal dari bahasa Latin educare. “Kata educare secara harfiah berarti mengeluarkan, jadi edukasi secara filsafat maksudnya usaha mengeluarkan seseorang dari kondisi tidak mengerti menjadi mengerti. Itulah tugas mulia insan pendidikan seperti perguruan tinggi untuk menyiapkan generasi penerus yang mampu membangun bangsa ini. Ingat, ada korelasi antara semakin banyak warga yang mengenyam pendidikan tinggi dengan berhasilnya pembangunan yang dilakukan,” tutur Moh. Hasan. Tema Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan Dengan Mewujudkan SDM Kompetitif, Inovatif dan Berkarakter”.

Khusus untuk mahasiswa, Rektor berharap agar memanfaatkan kesempatan menuntut ilmu di bangku perguruan tinggi dengan sebaik-baiknya. “Harus bersyukur bisa kuliah sebab masih ada anak bangsa yang belum merasakan belajar di kampus dengan beragam penyebab. Salah satu bentuk kesyukuran tadi dengan giat belajar dan berprestasi di bidang akademik maupun non akademik. Universitas Jember terus berusaha menyiapkan sarana, prasarana dan fasilitas bagi pengembangan mahasiswa, tinggal sekarang bagaimana Anda akan memanfaatkan fasilitas tadi atau tidak,” imbuh Moh. Hasan. Dirinya lantas menyebutkan beberapa prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa Kampus Tegalboto, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Dalam kesempatan ini, Rektor Universitas Jember mewakili pemerintah memberikan penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Universitas Jember yang telah bekerja melaksanakan tugas selama 10, 20 dan 30 tahun. Kali ini terdapat 36 orang penerima Satya Lencana Karya Satya 10 tahun, 32 orang untuk masa kerja 20 tahun dan 49 orang ASN menerima Satya Lencana Karya Satya 30 tahun. Moh. Hasan juga menyerahkan piagam penghargaan dan uang pembinaan bagi peraih juara dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Jember 2019. Juara pertama diraih oleh Meida Cahyaning Putri dari Fakultas teknologi Pertanian, disusul Rizky A. Salsabila dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Afifah Dwi Lestari dari FISIP. (iim)