Perilaku Sehat Lindungi Diri Dari HIV & AIDS

 Jember, 3 Desember 2016

 Memperingati Hari AIDS se-dunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Jember menggelar acara aksi sosial dengan bertemakan A Million Hands For HIV & AIDS. Acara yang digelar di pusat perbelanjaan Roxy Jember ini mendapatkan sambutan yang positif dari masyarakat Jember yang tengah menghabiskan malam (3/12). Acara yang dimotori oleh KOMPLIDS (Komunitas Mahasiswa Peduli HIV & AIDS) ini diisi dengan pertunjukan drama mengenai penularan HIV-AIDS dan penyebaran brosur. KOMPLIDS sendiri adalah satu-satunya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di kampus Tegalboto yang aktif membidangi kajian dan penanggulangan HIV-AIDS, yang telah berdiri semenjak 5 tahun lalu.

Driya Paramatha, selaku ketua panitia kegiatan menjelaskan, kegiatan seperti yang dilakukan kali ini adalah salah satu agenda rutin yang dilaksanakan oleh KOMPLIDS. “Tujuan diadakannya acara ini adalah ingin menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat Jember kepada penderita HIV-AIDS, jangan sampai mereka malah dijauhkan, justru harus dirangkul karena mereka juga saudara kita. Harapannya, penularan HIV-AIDS di Jember bisa dicegah, syaratnya adalah berperilaku sehat dan tidak menghindari orang-orang yang terkena HIV-AIDS,” tuturnya.

Selain melibatkan mahasiswa FKM Universitas Jember, para mahasiswa yang tergabung dalam KOMPLIDS mengajak berbagai pihak yang berkepentingan, salah satunya adalah para mantan pecandu narkoba di Jember yang tergabung dalam Komunitas Rohan Jember. Menurut Andi Fajar, salah seorang pegiat Komunitas Rohan, acara peringatan Hari AIDS se-dunia menjadi salah satu wahana untuk saling menguatkan dan bertukar informasi. “Saat ini kami mendampingi 200 orang mantan pecandu narkoba, dari data bulan September-November lalu, dari jumlah tersebut hanya satu orang yang positif terkena HIV-AIDS,” jelas Andi Fajar. Komunitas Rohan Jember saat ini terdapat di 31 kecamatan dan aktif semenjak tahun 2009 lalu. Kelompok lain yang turut berperan serta antara lain Ogawa Community (Organisasi Gaya Warna) Jember, dan Komunitas Laskar yang bergerak di bidang pencegahan HIV-AIDS di Jember.

Sementara itu Irma Prasetyowati, Dekan FKM Universitas Jember, berharap agar mahasiswa khususnya mahasioswa FKM mengambil peran aktif dalam penanggulangan HIV-AIDS. “Caranya dengan berperilaku sehat, menjauhi narkoba, mengetahui apa itu HIV-AIDS, serta berpegang pada TOP, Temukan, Obati, dan Pertahankan dalam memperlakukan para penderita HIV-AIDS,” katanya. Kegiatan Peringatan Hari AIDS se-dunia yang diselenggarakan oleh FKM Universitas Jember juga menjadi penutup Bulan Kesehatan Jember. (nis/lid)

Leave us a Comment