Perang Water Rocket Di Physic Carnival 2016

Jember, 21 September 2016.

PhysiCarnival2

Perang water rocket atau roket air berlangsung di Kampus Tegalboto Universitas Jember, dalam ajang Physic Carnival 2016 (21-23/9). Sebanyak 63 tim yang berasal dari SMP di Besuki Raya bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam ajang Water Rocket Competition yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi), FMIPA Universitas Jember, di lapangan kampus Tegalboto. Menurut Ilham Heru, ketua panitia kegiatan, para siswa SMP ini ditantang untuk membuat roket air yang memenuhi unsur aerodinamika seperti yang diajarkan dalam mata pelajaran Fisika, sehingga mampu terbang dan mengenai target yang sudah disiapkan panitia.

“Dalam ajang Water Rocket Competition, tiap tim dituntut untuk membuat roket dengan desain aerodinamika yang benar, memperkirakan berapa banyak air yang dimasukkan ke dalam roket sebagai bahan bakar, dan memperhitungkan sudut peluncuran agar roket dapat masuk target. Kesemuanya memerlukan pemahaman akan ilmu Fisika,” ujar Ilham Heru. Sebagai target penembakan, Ilham dan kawan-kawannya mempersiapkan gawang berukuran 2 kali 1 meter yang ditempatkan sejauh 40 meter dari garis peluncuran. Jika roket berhasil masuk ke gawang, maka nilai 100 akan didapat. Setiap tim maksimal beranggotakan 3 orang dengan dua kali kesempatan peluncuran roket.

Lomba roket air ini menjadi salah satu kegiatan dari rangkaian Physic Carnival 2016. Kegiatan lain yang digelar adalah Physic Outbond untuk siswa SD yang diadakan hari Kamis (22/9), dan Toy Physic Competition untuk siswa tingkat SMA yang digelar pada hari Jumat (23/9). Dalam ajang Physic Outbond, 60 tim dari SD di Besuki Raya akan berlomba menyelesaikan tantangan berupa praktik Fisika di enam pos yang ada. Sedangkan 28 tim akan berlaga membuat kapal uap yang akan berlomba cepat melintasi lintasan. “Dengan kegiatan Physic Carnival ini, kami ingin menegaskan bahwa pelajaran Fisika itu asyik dan menyenangkan sehingga para siswa makin memahami Fisika. Selain tentunya mengenalkan Jurusan Fisika FMIPA Universitas Jember,” tutur Jamal Hussein, Ketua Himafi yang hari itu ikut sibuk melayani peserta lomba.

Keasyikan belajar Fisika dengan media bermain disampaikan oleh Givano Nugroho dan Bayu Prawira Wardhana yang mewakili tim SMPN 3 Jember. Menurut keduanya, belajar Fisika dengan melakukan eksperimen jauh lebih mengasyikkan seperti membuat roket air. Animo siswa SMPN 3 Jember mengikuti Physic Carnival 2016 pun cukup tinggi, tidak heran jika SMPN 3 Jember menurunkan 5 tim dalam kegiatan Water Rocket Competition kali ini. “Kami menggunakan bahan bekas berupa botol air mineral dan karton tebal untuk sayapnya. Prosesnya memakan waktu semingguan saja,” ujar Givano yang diiyakan oleh rekannya, Bayu.

Sementara itu dalam sambutannya, Dekan FMIPA, Sudjito, mengapresiasi kegiatan Physic Carnival 2016 yang dimotori oleh para mahasiswa yang tergabung dalam Himafi. Pasalnya siswa diajak memahami ilmu Fisika dengan cara yang unik, sekaligus menggali daya kreasi siswa. “Untuk tahun ini, agenda tahunan Physic Carnival sengaja tidak berbentuk olimpiade Fisika yang biasanya berupa lomba menyelesaikan soal-soal Fisika, agar suasana belajar ilmu Fisika jadi lebih menyenangkan bagi para siswa,” pungkas dekan yang juga dosen Fisika ini. (iim)

Leave us a Comment