Penyakit Kronis Kian Bertambah

Jember, 17 Desember 2016

Akhir-akhir ini jumlah penderita penyakit kronis di Indonesia semakin tahun ada kecenderungan semakin meingkat. Oleh karena itu penting kiranya untuk selalu melakukan peningkatan layanan kesehatan karena semakin tahun kebutuhan akan layanan kesehatan semakin meningkat.

“Penting kiranya untuk senantiasa melakukan upgrade ilmu kesehatan atau peralatan dan perlengkapan untuk menunjang layanan kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat luas,” ujar Ns.Lantin Sulistyorini, S.Kep.M.Kes Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Jember saat memberikan sambutan dalam acara seminar nasional Keperawatan Universitas Jember di aula lantai 3 Universitas Jember.

Lantin mengatakan, peran serta pihak prakstisi kesehatan dalam hal ini petugas rumah sakit ataupun puskesma sangat dengan para akademisi kesehatan sangat diperlukan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dalam bidang kesehatan.

“Yang jelas selain kebutuhan akan makan setiap orang pasti sangat membutuhkan kesehatan. Seriring dengan pertumbuhan masyarakat maka jenis layanan kesehatan yang dibutuhkan tentunya semakin beragam. Oleh karena ini sinergi antara praktisi kesehatan dengan peneliti itu harus terus ditingkatkan,” imbuh lantin.

Sementara Moh. Hasan Rektor Universitas Jember yang hadir dan membuka acara secara langsung memberikan apresiasi positif atas kinerja dari PSIK. Pasalnya, walaupun masih terbilang baru namun kinerja yang telah dilakukan sudah cukup membawa nawa baik Universitas Jember dalam bidang keperawatan.

“Kalo tidak salah ini tahun 2005 secara resmi PSIK menjadi program studi baru dilingkungan Universitas Jember namun sepertinya PSIK ini berlari kencang. Insyaallah untuk proses perijinan menjadi fakultas sepertinya semakin dekat mari kita berdoa bersama,” imbuh rektor.

Rektor juga memuji para alumni dari PSIK banyak menjadi tenaga kesehatan di beberapa rumah sakit besar.

“Beberapa waktu lalu saya sempat terkejut. Diwaktu merawat ibu saya sakit di rumah sakit Kepanjen Malang rupanya yang merawat ibu saya adalah alumni dari PSIK. Anaknya begitu ramah dan bisa memberikan kenyamanan kepada pasien sehingga saya tidak ragu untuk masalah perawatan ibu saya,” pungkas rektor sembari tertawa.(Mun/Dian)

Leave us a Comment