Pengurus BEM di Universitas Jember Dilatih ESQ

Jember, 28 Oktober 2016

Pusat Konsultasi Pembelajaran Mahasiswa Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan (LP3) Universitas Jember mengadakan pelatihan pembentukan karakter bagi seluruh pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di lingkungan Universitas Jember. Pelatihan kali ini mengambil “Training Pembentukan Karakter Mahasiswa Universitas Jember Yang Siap Bersaing di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN Dengan Metode ESQ”, pada hari Kamis (27/10). Kegiatan ini diselenggarakan di lantai 1 Gedung CDAST Universitas Jember selama dua hari mulai 27-28 Oktober 2016.

Prof. Dr. Indrawati, M.Pd, selaku Kepala Pusat Konsultasi Mahasiswa LP3 Universitas Jember menyampaikan bahwa pelatihan ini dilaksanakan untuk mempersiapkan lulusan Universitas Jember agar mampu bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). “Agar dapat bersaing di era MEA, maka perlu lulusan yang memiliki bekal iolmu dan keterampilan serta kematangan mental. Pelatihan ESQ kami pilih agar mahasiswa khususnya pengurus BEM memiliki mental yang bagus,” ujar Indrawati saat diwawancarai oleh awak Humas dan Protokol Universitas Jember.

Sementara itu, Ali Zinal Abidin selaku Wakil Direktur ESQ Leadership Center menyampaikan bahwa tujuan dari pelatihan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) ini adalah untuk pengenalan jati diri mahasiswa terhadap dirinya, serta memaksimalkan potensi yang ada di dalam diri setiap mahasiswa. “Tujuan ESQ ini adalah untuk membangun karakter setiap peserta, dan menanamkan kepercayaan di dalam dasar dirinya sehingga mahasiswa tersebut mampu untuk mengenali dirinya dan dapat memaksimalkan potensi apa yang ada pada dirinya,” tutur Ali Zainal yang juga alumnus FISIP Universitas Jember.

Metode yang digunakan dalam training ESQ ini salah satunya adalah penyampaian materi dengan permainan didukung dengan multimedia yang menarik sehingga peserta mampu untuk mendapatkan pengalaman secara langsung dalam melihat, mendengar dan merasakan. Pelatihan ESQ ini diikuti oleh 60 mahasiswa yang berasal dari lima belas fakultas di Universitas Jember. Masing-masing fakultas atau program studi diwakili oleh empat orang mahasiswa yang kesemuanya adalah pengurus BEM. (nis/lid)

Leave us a Comment