Pendaftaran SBMPTBR Gelombang II Universitas Jember Dimulai, Resmi Buka Kampus 3 Lumajang dan Program S1 Baru

TesSBMPTBR-Bwi

Jember, 12 Juli 2017

Universitas Jember membuka pendaftaran jalur mandiri melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) Gelombang 2. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 14 Juli hingga 24 Juli 2017. Informasi ini disampaikan oleh Zulfikar, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember, di kampus Tegalboto (12/7). Namun ada yang menarik dari pendaftaran SBMPTBR Gelombang 2 tahun ini, Universitas Jember resmi membuka Kampus 3 di Lumajang, dan dua program studi baru jenjang sarjana (S 1). Kampus 3 Lumajang membuka pendaftaran Program Studi Diploma 3 Keperawatan, sementara untuk program studi S 1, ada tiga program studi baru di Fakultas Pertanian, yakni Program Studi Agronomi, Program Studi Pertanian dengan konsentrasi Perkebunan dan Program Studi Informatika.

Zulfikar menambahkan, sesuai rencana Kampus 3 Universitas Jember di Lumajang secara bertahap bakal diproyeksikan sebagai kampus vokasi dengan konsentrasi di bidang kesehatan seperti Keperawatan, Rekam Medis, Radiologi, serta program diploma lainnya. Untuk diketahui, Kampus 3 Universitas Jember di Lumajang adalah hasil alih kelola Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Lumajang kepada Universitas Jember. Sesuai amanat Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 mengenai Pemerintah Daerah, maka urusan pendidikan tinggi menjadi kewenangan pemerintah pusat, oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Lumajang menyerahkan Akademi Keperawatan kepada Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, yang selanjutnya menugaskan Universitas Jember untuk mengelolanya.

“Alhamdulillah, surat ijin pembukaan untuk Program Studi Agronomi dan  Program Studi Pertanian dengan konsentrasi Perkebunan telah terbit. Oleh karena itu penerimaan mahasiswa barunya melalui jalur mandiri SBMPTBR gelombang 2. Tahun depan, kedua program studi tersebut sudah menerima mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandiri SBMPTBR. Namun perlu diketahui, untuk Program Studi Pertanian dengan konsentrasi Perkebunan, proses perkuliahannya di Kampus 2 Universitas Jember di Bondowoso,” jelas Zulfikar. Selain dua program studi S 1 tersebut, Universitas Jember juga masih membuka pendaftaran untuk Program Studi Akuntansi Kampus 2 Universitas Jember di Bondowoso, dan Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik. Selain membuka pendaftaran untuk program studi sarjana, SBMPTBR gelombang 2 juga membuka pendaftaran untuk jenjang diploma, bersama PTS di Besuki Raya.

Wakil Rektor I juga menginformasikan bahwa pelaksanaan tes SBMPTBR Gelombang 1 yang dilaksanakan pada tanggal 8 Juli lalu telah berjalan dengan lancar. “Ada 4.981 peserta yang mengikuti ujian yang terdiri dari 2.722 peserta kelompok ujian Saintek, dan 2.259 peserta Soshum. Mereka tersebar di enam lokasi ujian, yakni Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, Probolinggo dan Lumajang,” urai Zulfikar. Direncanakan, pengumuman hasil tes SBMPTBR Gelombang 1 dirilis pada 14 Juli 2017 nanti.

Beberapa peserta tes SBMPTBR Gelombang 1 yang ditemui di lokasi ujian menjelaskan bahwa soal yang diujikan memiliki bobot seperti soal di SBMPTN. “Tadi soal Bahasa Inggris-nya cukup sulit,” tutur Alda Valina, peserta asal Genteng, Banyuwangi yang ujian di lokasi Universitas Tujuh Belas Agustus Banyuwangi (8/7). Sementara itu peserta lainnya, Aji Pangestu, menilai pelaksanaan pendaftaran dan tes SBMPTBR Gelombang 1 berjalan dengan baik. “Pendaftarannya mudah kok, apalagi sudah ada video tutorialnya,” kata lulusan SMAN gambiran ini. Optimisme juga disampaikan oleh Farah Oktarina yang memilih Program Studi Agrobisnis yang bakal kuliah di Kampus 2 Universitas Jember di Bondowoso. “Saya siap kuliah di kampus 2 Bondowoso, saya memilih Program Studi Agrobisnis karena ingin meneruskan usaha pertanian keluarga,” ujar Farah Oktarina. (iim)