Pendaftar SBMPTBR Membludak

Jember, 12 Juni 2015

Menjelang hari penutupan pendaftaran calon mahasiswa Universitas Jember melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya atau disingkat SBMPTBR membludak. SBMPTBR menjadi harapan terakhir bagi mereka yang tidak lolos dalam SNMPTN dan SBMPTN namun masih berkeinginan masuk di Universitas Jember.

“SBMPTBR ini adalah jalur ujian masuk mandiri atau lokal, kalau dulu kita menggunakan istilah UM (Ujian Masuk) Unej, nah UM yang sekarang ini berbeda karena dalam pilihan jurusan tidak hanya Unej saja namun juga jurusan yang ada di beberapa PTS se Besuki Raya,” ujar Drs. Agung Purwanto, M.Si Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember.

Menurut Agung, menjelang hari terakhir (12/6) pendaftaran SMPTBR jumlah calon peserta yang mendaftar meningkat drastis. “SBMPTBR ini kan menjadi alternatif bagi mereka yang belum ikut SBMPTBN atau sudah ikut namun masih belum yakin akan hasil jawaban soal-soal ujian SBMPTN kemarin, sehingga pendaftaran naik saat setelah ujian tersebut” ujarnya lagi.

Agung menjelaskan, ujian SBMPTBR yang akan dilangsungkan di enam kota berbeda (Jember, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Lumajang dan Probolinggo) ini sejak kemarin (11/6) dalam setiap menitnya bisa sampai 30 pendaftar. “Walaupun hanya se Besuki Raya tapi kan pendaftarannya bisa dilakukan secara nasional, dan ujiannya bisa dipilih di enam kota yg diinginkan,” imbuh agung.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Registrasi dan Statistik Bagian Akademik Universitas Jember, Mohammad Sabar S.Sos menuturkan, dalam proses pendaftaran beberapa ada yang mengalami kesulitan. “Ini kan masih baru jadi calon peserta masih ada beberapa yang bingung tapi biasanya sih hanya seputar pilihan universitas dan program studi, tapi semua sudah teratasi,” ujarnya.

Pria yang akrab dipanggil Sabar ini menambahkan, bagi calon peserta yang masih mengalami kesulitas dalam melakukan pendaftaran masih ditunggu sampai besok (13/6) jam 12 untuk menyelesaikan. “Barangkali masih ada kami berikan kelonggaran sampai besok, walaupun sebenarnya penutupannya adalah hari ini,” pungkas Sabar.

4 Comments

  • Andika
    Reply

    Apakah bisa mengganti program studi pada form pengisian prodi setelah cetak kartu sbmptbr?
    Karena Saya Ada kesalahan dalam memilih prodi. Mohon informasinya

    • khalida nadilah
      Reply

      setelah kartu sbmptbr dicetak, program studi tidak dapat diubah.
      terima kasih.

  • septhi
    Reply

    gimana langkah langkah untuk membayar ke bank mandiri? apa tidak ada cara mengisistrukpembayarannya

    • khalida nadilah
      Reply

      silahkan menuju teller bank mandiri, dan menyampaikan akan melakukan pembayaran untuk sbmptbr universitas jember, dengan kode pembayaran : 3. terima kasih.

Leave us a Comment