Penampilan Perdana Korps Musik Universitas Jember (Sempat Khawatir Karena Latihan Hanya Seminggu)

Hardiknas 3

Jember, 2 Mei 2017

Ada yang menarik pada saat upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2017 di Universitas Jember (2/5). Pada saat bendera merah putih dinaikkan oleh anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), terdengar lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dimainkan oleh tiga puluh lima mahasiswa dari berbagai fakultas yang tergabung dalam Korps Musik Universitas Jember. Begitu pula dengan lagu mengheningkan Cipta dan Bagimu Negeri, dimainkan dengan apik sehingga membuat upacara kali ini terasa berbeda.

“Kami sempat khawatir karena ini kali pertama kami tampil dalam upacara di tingkat universitas, apalagi praktis kami hanya berlatih selama seminggu. Jika salah memainkan lagunya bisa gawat karena upacara resmi dan diikuti segenap dosen, karyawan dan kawan-kawan mahasiswa. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar,” jelas Yoga Saputra yang didapuk sebagai koordinator. “Kami berharap nantinya dapat berperan serta aktif dalam berbagai upacara dan kegiatan di Universitas Jember, syukur-syukur menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa Marching Band Universitas Jember,” lanjutnya lagi.

Menurut mahasiswa Program Studi Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan ini, awal mula niatan berperan serta dalam kegiatan di universitas berasal dari kenyataan banyaknya mahasiswa kampus Tegalboto yang tergabung dalam beberapa grup marching band di Jember dan sekitarnya. Beberapa mahasiswa ternyata saat duduk dibangku sekolah juga tergabung dalam grup marcjing band. “Dari sekedar kumpul-kumpul akhirnya terpikirkan mengapa kami tidak membantu upacara dan kegiatan di kampus kita sendiri,” kata Yoga. Niatan ini kemudian disampaikan kepada Bagian Humas dan Protokol Universitas Jember, dan mendapatkan respon positif. Yoga dan kawan-kawan diberi kesempatan menjadi korps musik saat upacara Hardiknas, penampilan mereka pun dipuji banyak peserta upacara pagi itu.

Selain bersedia turut aktif dalam berbagai kegiatan di kampus Tegalboto, Yoga mengajak kawan-kawan sesama mahasiswa Universitas Jember yang tertarik bermusik, khususnya marching band untuk turut bergabung. “Untuk latihan diadakan dua kali seminggu di hari Minggu dan Rabu di stadion Universitas Jember. Namun peralatan kami masih meminjam ke beberapa kelompok marching band yang sudah eksis. Kami berharap suatu saat nanti bisa menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa agar kreativitas kami terwadahi,” tutur mahasiswa yang memainkan alat musik tiup logam bernama eufonium ini.

Penampilan Yoga dan kawan-kawan mendapatkan apresiasi, salah satunya dari pegiat paduan suara Universitas Jember, Rokhmad Hidayanto yang aktif memantau latihan mereka. Menurut Rokhmad, keterlibatan korps musik Universitas Jember tidak hanya pada upacara saja, namun juga di kegiatan lain termasuk bisa berkolaborasi dengan bentuk musik lainnya seperti kelompok band sehingga memunculkan big band. “Keberadaan korps musik ini bakal menambah keragaman jenis musik di kampus Tegalboto, sehingga kehidupan seni di kampus makin berwarna,” ujar Rokhmad yang juga staf di bagian Humas dan Protokol ini. (iim)