Pemilu BEM & DPM Online di Fakultas Teknologi Pertanian Berjalan Sukses !

Jember, 25 Februari 2014

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Jember memulai langkah baru dalam berorganisasi. Jika biasanya pemilihan pengurus BEM dan DPM dilaksanakan dengan cara manual a la mencoblos atau mencontreng, maka Pemilihan Umum (Pemilu) personil BEM dan DPM di FTP Universitas Jember dilaksanakan dengan cara online. Pemilihan pengurus BEM dan DPM yang dilaksanakan hari Senin lalu ini (17/2) menjadi Pemilu Online pertama yang dilaksanakan dalam sejarah FTP, bahkan mungkin di Kampus Tegalboto.

Hajatan Pemilu Online ini adalah karya kolaborasi antara Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) dan Tim Unit Sumber Daya Informasi (USDI) FTP Universitas Jember. KPUM bertugas untuk mempersiapkan pelaksanaan Pemilu, sedangkan USDI concern dengan tugasnya untuk mencari, mempublikasikan, dan mengatur segala informasi yang ada di FTP UNEJ termasuk membuat program aplikasi Pemilu Online. “Banyak pertimbangan dengan sistem pemilu secara online ini, salah satunya jika menggunakan sistem secara online ini lebih mudah, hemat, dan efektif,” jelas Rianto, Ketua Umum USDI.

Pemilu Online ini memakai konsep sistem bypass login, choose and submit. Dalam aplikasinya  seseorang pemilih harus memiliki Nomor Induk Mahasiswa (NIM) aktif dan PIN/password sekali pakai yang diberikan oleh KPUM. Kemudian pemilih dapat melakukan akses melalui web  e-pemilubem. Pemilih dapat memilih calon pemimpin (pasangan Presiden-Sekjen dan Ketua DPM) kemudian melakukan submit data atau pengiriman hasil voting yang akan otomatis tersimpan ke database. Situs pemilu Online ini dapat diakses di Kampus Universitas Jember dan bahkan di rumah Pemilih.

Pada pukul 16.00 WIB proses Pemilu Online ditutup, maka tahap selanjutnya adalah proses penghitungan suara dengan metode quick count atau penghitungan cepat. “Dengan Pemilu Online ini, proses pengambilan data voting dari database sampai rekapitulasi hasil pemilu disajikan langsung dihadapan forum dalam tampilan grafik. Hasil rekapitulasi dapat diketahui lebih cepat, tepat dan akurat. Sehingga dapat dibilang sistem Pemilu Online ini berjalan dengan sukses,” tutur Rianto.

Terpilih sebagai Presiden BEM FTP Universitas Jember periode 2014/2015 adalah Fikri Arsyl bersama Septian Yulayudha (Sekjen), serta Abraham Andri P. sebagai Ketua DPM periode 2014/2015. Diharapkan proses pemilu pengurus BEM dan DPM yang transparan ini dapat membawa perubahan yang baik. Pemilu Online ini mendapatkan banyak apresiasi dari berbagai pihak khususnya mahasiswa FTP yang ikut ambil bagian pemilu tersebut serta para dosen. Seperti yang disampaikan oleh pembina USDI, Bayu Taruna, STP., M.Eng. “Saya mengapresiasi langkah mahasiswa FTP yang menggunakan teknologi informasi komunikasi untuk pemilu. Cukup dengan nama, foto calon dan tampilan web yang atraktif maka kegiatan Pemilu Online dapat dilaksanakan. Tidak perlu lagi kertas dan tinta untuk mencetak gambar atau foto calon pengurus BEM dan DPM. Hasilnya juga transparan dan dapat segera diketahui,” kata Bayu Taruna WP, S.Tp, M.Eng. (Michael D, Bobby – iim)

Leave us a Comment