PEMICUAN “GERAKAN SEHAT MANDIRI MELALUI SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT (STBM)”

Jember, 16 Desember 2014

Bertempat di Desa Jatian Kecamatan Pakusari, Fakultas Kesehatan Masyarakat bekerjasama dengan Forum Jember Sehat (FORJES) dan Pemerintah Daerah Kabupaten Jember mempersembahkan pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dengan konsep pesta rakyat, (14/11). Kegiatan tersebut dikemas dalam acara pesta rakyat yang menampilkan pagelaran seni dan budaya, yaitu ondel-ondel, tarian budaya Jember dan musik khas using.

Tampak animo masyarakat luar biasa besar, dimana kegiatan ini dihadiri lebih dari 500 peserta, baik anak-anak, pemuda, orang tua, tokoh masyarakat, kader kesehatan, serta kepala desa sekecamatan Pakusari. Kegiatan ini juga dihadiri Ketua FORJES Prof. Achmad Subagia, P.h.D. dan Dekan FKM UNEJ Drs. Husni Abdul Gani, MS, dengan ketua pelaksana yaitu Dr. Isa Ma’rufi, SKM., M.Kes.

FKM dan FORJES pada kegiatan ini tidak memakai pendekatan penyuluhan kesehatan yang biasa dilakukan selama ini, mengingat penyuluhan yang biasa dilakukan selama ini ternyata hanya meningkatkan pengetahuan saja pada masyarakat dan tidak dibarengi dengan perubahan perilaku, kalaupun ada perubahan perilkau hanya memberikan efek perubahan perilaku kecil saja pada masyarakat.

Pemicuan yang digagas dan dilaksanakan oleh FKM dan FORJES merupakan metode untuk mendorong perubahan perilaku hygiene dan sanitasi individu atau masyarakat atas kesadaran sendiri dengan menyentuh perasaan, pola piker, perilaku dan kebiasaan individu atas masyarakat Pakusari.

Hasil pemicuan ternyata mengakibatkan dampak perubahan perilaku yang luar biasa besar pada semua peserta pemicuan, pada akhir kegiatan semua peserta berjanji untuk merubah perilaku yang sehat dengan cara membuat jamban di setiap rumah mereka, tidak BAB di sungai, cuci tangan memakai sabun, mengonsumsi air yang sudah dimasak, serta membuang sampah pada tempat sampah.

Kegiatan kemudian ditutup dengan pelatihan pembuatan jamban sehat di salah satu rumah warga serta pembagian doorprize berupa 2 jamban, 25 peralatan cuci tangan dan 25  paket peralatan mandi. (Isa/Mj)

1 Comment

  • Agus Herdiana
    Reply

    Kegiatan seperti ini patut dicontoh diwilayah lain. Salut untuk pihak Universitas Jember

Leave us a Comment