Peluncuran Mi MoJang Oleh Dr. H. Marzuki Alie

Jember, 14 Februari 2014

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) , Dr. H. Marzuki Alie, SE, MM. melakukan peluncuran Mi MoJang di Agrotechnopark Universitas Jember, Selasa siang (11/02). Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD selaku rector Universitas Jember mendampingi langsung acara peluncururan mie yang yang dibuat dari tepung singkong (Modified Cassava Flour/Mocaf) yang dicampur tepung jagung.

Dalam kesempatan itu, Dr. Marzuki Alie mengaku sangat senang karena mendapatkan penghormatan untuk melakukan peluncuran mi MoJang tersebut. “Saya merasa gembira sekali karena mendapatkan kesempatan untuk melakukan peluncuran mie yang sangat inovatif ini” ujarnya.

Menurutnya mie MoJang layak untuk dikembangkan sebagai salah satu bentuk pengembangan ketahanan pangan alternative bangsa. “Mi ini benar-benar produk makanan yang harus dikembangkan sebagai salah satu pangan alternative untuk ketahanan pangan bangsa,” imbuh Marzuki sambil menikmati semangkuk mie MoJang.

Perlu diketahui mie MoJang adalah produk hasil riset salah satu professor Universitas Jember  Prof. Dr. Achmad Subagio dalam bidang pengembangan pangan alternatif. menurut Prof. Dr. Achmad Subagio, mi MoJang dibuat dengan teknik ekstruksi dingin. Dengan teknik itu, kata dia, untaian mie dibentuk dengan menekan adonan mi yang telah dikukus untuk menghasilkan gelatinisasi parsial ke dalam lubang-lubang kecil pada alat ekstruder.

Subagio menuturkan, pembuatan mi MoJang tidak harus menggunakan alat dengan tecnologi tinggi. Karena bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi sederhana, sehingga bisa dilakukan oleh UKM. “Teknologi pembuatan mi MoJang ini tidak memerlukan peralatan yang mahal, karena ini sederhana dan dapat dilakukan oleh UKM,” kata dia.

Menurutnya melalui teknik pembuatan itu dapat menghasilkan mie yang berkualitas, sehingga saat dimasak menjadi mie ayam atau lainnya bisa elastis, kenyal dan tidak hancur. Selain untuk dimasak langsung mi MoJang juga dapat dijadikan mi goring dan mi bakso.

Subagio menambahkan, karena berbahan dasar tepung singkong dan tepung jagung mi MoJang mengandung kadar protein berkisar 6-8 persen. Keunggulan lainnya adalah kandungan zat karotenoid yang menjadi sumber vitamin A dalam mi MoJang. Zat itu juga berperan sebagai pewarna kuning alami. Jadi, mi MoJang berbeda dengan mi dari terigu yang harus ditambah pewarna kuning tartrazin. (MJ)

Leave us a Comment