Pelatihan Penyegaran Applied Aproach Bagi Dosen Universitas Jember

Jember, 27 November 2015

            Pedagogik merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap dosen. Kemampuan ini perlu senantiasa disesuaikan dengan kondisi terkini, metode dan penilaian pembelajaran, serta peraturan-perundangan yang berlaku. Berkaitan dengan hal tersebut, maka pusat pelatihan pendidikan (P3) lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan (LP3) Universitas Jember mengadakan pelatihan penyegaran applied approah bagi dosen yang pernah mengikuti applied approach (aa)/pedagogik lanjut atau dosen senior. Tujuan pelatihan adalah agar kemampuan pedagogik peserta relevan dengan perkembangan jaman, serta mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan kerangka kualifikasi nasional indonesia (kkni).

            Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 23 dan 24 november 2015 dan dibuka secara resmi oleh Pembantu Rektor I (PR I) Universitas Jember, Drs. Zulfikar, Ph,D. Setelah pembukaan, PR I selanjutnya memaparkan materi tentang penyelenggaraan pembelajaran di Universitas Jember dan strategi peningkatan mutu pembelajaran di Universitas Jember.

“Nantinya akan dikembangkannya pembelajaran transformatif di Universitas Jember sebagai pembelajaran yang membuat seseorang mengalami perubahan kerangka acuan berpikir (frame of reference), papar Drs. Zulfikar, Ph,D.

Menurutnya, kerangka ini menentukan apa yang diketahui dan bagaimana orang mengetahui. Seorang yang mengalami perubahan kerangka acuan berfikir berarti memperoleh kemampuan untuk melakukan refleksi kritis terhadap asumsi-asumsi, kepercayaan, nilai-nilai, dan perspektif yang melekat pada diri sendiri maupun orang lain.

Selain Drs. Zulfikar, Ph,D, materi juga diberikan oleh prof. Dr. Ir. Tejasari, m.sc, Prof. Drs. Dafik, msc., phd., Prof. Dr. Indrawati, mpd., Prof. Dr. Suratno, msi., dan  Dr. Ir. Bambang sujanarko, M.M. materi yang diberikan antara lain persoalan KKNI dan kurikulum pendidikan tinggi, capaian pembelajaran dan kompetensi,  authentic assesment dalam kurikulum pendidikan tinggi dan beragam metode pembelajaran dan pencapaian dalam pembelajaran. (mj)

Leave us a Comment