Pelatihan Penerapan Ragam Pembelajaran SCL

Jember, 29 November 2015

            Pada hari Selasa dan Rabu tanggal 24 dan 25 November 2015, bertempat di Aula LP3 Universitas Jember telah berlangsung Pelatihan Penerapan Ragam Pembelajaran Student Center Learning (SCL) bagi dosen Universitas Jember. Materi yang diberikan antara lain adalah: Konsep SCL, Ragam Model SCL, Integrasi SCL dalam RPS, Integrasi SCL dalam RTM, Penerapan Problem Based Learning, Penerapan Project Based Learning, Penerapan Cooperative Learning dan Penerapan Collaborative Learning. Pemateri pada pelatihan adalah Prof. Dr. Ir. Tejasari, M.Sc., Prof. Dr. Suratno, MSi., Prof. Dr. Indrawati, MPd., Prof. Drs. Dafik, MSc., PhD dan Dr. Ir. Bambang Sujanarko, M.M. Pelatihan ini diikuti oleh 45 dosen yang berasal dari 15 Fakultas/Program Studi setara Fakultas di lingkungan Universitas Jember.

            Ketua Panitia, Dr. Ir. Bambang Sujanarko,M.M., yang sekaligus Ketua Pusat Pelatihan Pendidikan LP3 Universitas Jember, menyampaikan bahwa pembelajaran SCL merupakan kunci dalam menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan capaian pembelajaran Program Studi. Jika lulusan telah memiliki kompetensi tersebut, maka lulusan telah sesuai dengan level kompetensi yang ada pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan itu berarti bahwa lulusan yang dihasilkan sudah berstandar internasional. Hal tersebut dikarenakan KKNI disusun berdasarkan kualifikasi yang berasal dari sejumlah negara. Oleh karena itulah maka pelatihan penerapan ragam pembelajaran SCL ini sangat penting untuk dilaksanakan.

               Pelatihan dilaksanakan melalui teori dan praktek. Pelaksanaan pelatihan praktek diharapkan mampu memberikan peningkatan kemampuan yang komprehensif bagi para peserta. Proses pelatihan dan simulasi hasil praktek didokumntasikan dalam bentuk video, sehingga dapat dipergunakan sebagai bahan refleksi bagi peserta dalam pengembangan lebih lanjut penerapan SCL pada mata kuliah yang diampu.

Dengan kemampuan menyusun Rancangan Pembelajaran Semester (RPS), Rancangan Tugas Mahasiswa (RTM), Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) dan kemampuan menyusun Lembar Penilaian Hasil Belajar (LPHB), maka penerapan SCL pada proses pembelajaran di Universitas Jember dapat ditingkatkan dan dapat berlangsung dengan baik dan benar.

Leave us a Comment