Pelatihan Dasar Pedagogik Untuk Dosen Baru

Jember, 15 Juli 2014

Dalam dunia pendidikan perguruan tinggi, dosen merupakan profesi yang memiliki peran cukup penting dalam menyampaikan dan menyebar luaskan ilmu pengetahuan kepada masyarakat. Keberadaannya memiliki peranan sebagai salah satu penggerak kehidupan akademis dalam perguruan tinggi. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk senantiasa meningkatkan dan memperbaiki kompetensi akademis para dosen yang dimiliki oleh perguruan tinggi.

Demikian yang disampaikan oleh Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD Rektor Universitas Jember dalam sambutannya saat pembukaan pelatihan Dasar Pedagogik (Pekerti), (24-27/7). Acara yang digelar oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan (LP3) Universitas Jember ini diikuti 41 dosen baru dari berbagai fakultas. Acara digelar di ruang aula lantai II gedung LP3 Universitas Jember.

“Seorang pengajar harus memiliki keterampilan dan inovasi dalam penyampaian materi sehingga apa yang disampaikan bisa diterima dengan baik oleh para mahasiswa,” ujar Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD. Beliau berpesan kepada para dosen baru untuk selalu menambah keterampilannya dalam pengajaran.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh rektor, Ketua LP3 Universitas Jember Prof.Dr. Ir. Tejasari, M.Sc menyampaikan tujuan pelaksanaan pelatihan dasar Pedagogik ini ada dua hal. “Supaya para dosen baru mampu merancang dan mengomunikasikan keterampilan Pedagogik dalam perkuliahan, dan yang kedua agar mereka mampu membuat perangkat perkuliahan,” paparnya. (Mj)

Leave us a Comment