Pekan Gelar Produk dan Pelatihan Agrotechnopark Universitas Jember

Jember 16 Oktober 2014

Dalam rangka Ulang tahun Universitas Jember yang ke 50, pada tanggal 21 Oktober mendatang UPT. Agrotechnopark Universitas Jember akan melaksanakan gelar produk. Dalam gelaran produk ini juga akan digelar acara pelatihan budidaya tanaman Anggrek serta Mini Landscape. Acara ini akan dilaksanakan di Agrotechnopark Universitas Jember. Maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menunjukan kepada masyarakat luas sejauh mana perkembangan dunia peranggrekan dan keberadaan taman yang indah pada luasan lahan yang terbatas. Dengan demikian dengan adanya pelatihan tersebut keterbatasan luasan lahan saat ini tidak lagi menjadi masalah yang membatasi pengembangan ide-ide baru dalam merancang, membuat, dan menciptakan suatu desain taman yang indah.

Mini landscape menawarkan salah satu alternative untuk tetap tampil alami dan menarik dengan keterbatasan ruang terbuka. Menghadirkan miniature taman dengan sentuhan alami dan warna-warna cerah dari tanaman yang dapat menambah kesejukan dan membaea suasana tenang, rileks dan lebih hidup

Pada hari ke-2 tanggal 22 Oktober, Agrotechnopark akan menggelar pelatihan pembuatan roti mini dengan aneka topping dan pembutan mie mojang. Dalam pelatihan ini semua tepung yang digunakan untuk pembuatan kue merupakan tepung mocaf yaitu tepung singkong produk dari Universitas Jember. Sedangkan untuk pembuatan mie juga menggunakan tepung Mocaf namun ada penambahan tepung jagung.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menunjukan kepada masyarakat luas terkait dengan inovasi dan pemanfaatan bahan pangan lokal dalam pembuatan aneka olahan pangan. Dengan demikian keterbatasan pengetahuan dan bahan baku yang terkadang menjadi persoalan dalam masalah inovasi pangan tidak lagi menjadi masalah yang membatasi pengembangan ide-ide baru dalam membuat dan menciptakan suatu inovasi pangan. Dengan adanya pelatihan ini diharpakan mampu memberikan wawasan tambahan dalam hal makanan utamanya dalam hal pembuatan roti mini aneka topping dan mie mojang dengan sentuhan kreatifitas dan teknologi. (Mj)

Leave us a Comment