Pasta Jawa, Paduan Itali Jember Asli Dari Mocaf

Jember, 16 Desember 2016

Siapa yang tidak kenal dengan pasta, masakan asli itali yang begitu digemari banyak orang. Bagi anda yang para penikmat masakan pasta kini telah hadir masakan pasta jawa. Pata ini adalah hasil kreasi dari para peneliti Universitas Jember yang dipimpin langsung oleh Prof. Subagio. Pasta ini terbuat dari tepung Mocaf product penelitian Prof. Subagio.

“Produk ini disebut pasta karena mirip makanan olahan yang digunakan pada masakan Italia, yang biasanya dibuat dari campuran tepung terigu, telur, dan garam yang membentuk adonan yang bisa dibentuk menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk serta rasa yang disesuaikan dengan lidaj Indonesia,” ujar Prof. Subagio saat memberikan sambutan dalam acara launching Pasta Jawa dihalaman depan gedung Rektorat Universitas Jember.

Menurut Subagio, Secara gizi pasta jawa tidak kalah dengan pasta terigu yang mempunyai kadar protein berkisar 6-8%. Karena pasta jawa dalam pembuatannya dapat dicampur dengan aneka produk lokal yang berprotein tinggi seperti ikan, daging ayam dan sapi sesuai kebutuhan.

“Bahkan pasta jawa dapat dicampur dengan bahan-bahan eksotis lainnya, seperti jagung, buah naga, atau ubi jalar ungu,” ujarnya lagi.

Sementara itu Rektor Universitas Jember Moh. Hasan mengatakan, pasta jawa adalah bentuk dari penelitian yang benar-benar menyentuh dengan masyarakat. Pasalnya, pasta jawa ini bisa menjadi makanan pengganti nasi terutama bagi daerah yang tidak mampu memproduksi padi sendiri.

“Konsumsi beras kita luar biasa namun tidak semua lahan bisa ditanami padi. Ini adalah kontribusi nyata dari Universitas Jember bagi masyarakat sehingga masyarakat semakin merasakan manfaat keberadaan kita,” ujar Hasan.

Rektor juga mengatakan, selama ini Universitas Jember terus mendorong para peneliti untuk mengembangkan penelitian yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Seperti yang sering kita dengung-dengungkan Unej Membangun Negeri. Semua penelian arahnya harus jelas, untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat terutama untuk peningkatan kejahteraan mereka,” pungkasnya.(Mun/Dian)

Leave us a Comment