Pascasarjana Universitas Jember Perkuat Academic Atmosphere

Jember, 16 Desember 2016

Pasca_unejMemasuki usia ke 16 tahun, Program Pascasarjana Universitas Jember bertekad memperkuat academic atmosphere guna meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian yang dihasilkan oleh para mahasiswanya. Hal ini disampaikan oleh Direktur Pascasarjana Universitas Jember, Prof. Dr. Rudi Wibowo, saat memperingati Dies Natalis Program Pascasarjana Universitas Jember ke 16, yang digelar di halaman depan gedung Program Pascasarjana (15/12). Peringatan hari jadi kali ini, dirayakan secara sederhana namun penuh makna, cocok dengan  tema yang diusung, Kumpul Gayeng.

Prof. Dr. Rudi Wibowo lantas menjelaskan, usaha memperkuat academic atmosphere yang telah dilaksanakan antara lain dengan jalan menyediakan fasilitas pendukung belajar mengajar seperti laboratorium, perpustakaan, pelayanan mahasiswa, dan lainnya. “Salah satu keberhasilan perguruan tinggi, diukur melalui kualitas dan kuantitas hasil penelitian yang dihasilkan. Oleh karena itu kami selalu berusaha memberikan pelayanan prima kepada para mahasiswa, harapannya akan makin banyak penelitian berkualitas yang dihasilkan,” jelas guru besar Agrobisnis ini. Acara Kumpul Gayeng dihadiri oleh jajaran pimpinan Universitas Jember, Program Pascasarjana, mahasiswa dan undangan lainnya.

Apresiasi positif terkait pelayanan kepada mahasiswa di Program Pascarsarjana, juga disampaikan oleh Sekertaris Badan Penjaminan Mutu (BPM), Sugeng Winarso. Menurutnya, dari pengalaman mendampingi kegiatan para asesor saat melakukan akreditasi, secara umum pelayanan kepada mahasiswa di Universitas Jember dinilai baik, termasuk di Program Pascasarjana. “Apalagi kita sudah memberlakukan aplikasi teknologi informasi untuk proses akademik, bahkan saya dengar Program Pascasarjana bakal memulai perkuliahan berbasis sistem android mulai tahun depan,” katanya.

Nuansa guyub dan rukun begitu terasa saat peringatan hari jadi Program Pascasarjana malam itu, hal ini tercermin dari kedekatan antara dosen, mahasiswa dan karyawan. Beberapa mahasiswa dan dosen bergantian unjuk kebolehan dari mulai bernyanyi hingga sekedar bercerita di atas panggung. “Saya senang kuliah di Program Pascasarjana ini, cuman tolong bandwidth-nya ditingkatkan dong, biar kalau ngenet lebih lancar,” saran Lingling yang mahasiswa Program Studi Magister Bioteknologi. Begitu pula kata Anang Supriadi, kolega Lingling yang tengah meneliti manfaat melinjo. Menurut Anang, kuliah di program studi multidisiplin seperti Magister Bioteknologi makin menambah wawasannya. “Latar belakang saya adalah sarjana pertanian, namun dengan kuliah di Bioteknologi membuat saya belajar banyak hal dari kesehatan hingga bidang sosial,” kata mahasiswa asal Banyuwangi ini.

Saat ini Program Pascasarjana Universitas Jember mengelola 18 program studi magister mono disiplin, 2 program studi multi disiplin, dan 5 program studi doktoral. “Untuk rencana ke depan, kami akan menambah program studi yang multi disiplin, sesuai dengan tuntutan perkembangan saat ini, baik di bidang eksakta maupun sosial humaniora,” pungkas Prof. Dr. Rudi Wibowo yang malam itu menyempatkan menyumbangkan suaranya di hadapan hadirin. (iim)

Leave us a Comment