Parade Seni Dan Budaya Tandai Peringatan Bulan Pancasila

Jember, 04 Juni 2014

Universitas Jember bekerja sama dengan Politeknik Negeri Jember menggelar parade seni dan budaya.  Acara ini merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila yang jatuh tepat pada tanggal 1 Juni. Kali ini parade seni dan budaya menampilkan perpaduan seni modern dan tradisional. Parade budaya bergerak dari kampus Politeknik Negeri Jember menuju pusat kegiatan di double way Universitas Jember (1/6). Untuk diketahui, kegiatan Bulan Pancasila yang diadakan oleh Universitas Jember dan Politeknik Negeri Jember tahun ini memasuki tahun ketiga.

Dalam sambutan pembukaannya, Rektor Universitas Jember Drs. Moh. Hasan M.Sc., Ph.D., mengatakan Peringatan hari Pancasila ini sebagai momentum untuk kembali mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga perpecahan antar golongan masyarakat tidak lagi terjadi.

“Ini adalah momentum bagi kita semua untuk mengamalkan nilai luhur Pancasila, sehingga tidak ada lagi tawuran antar mahasiswa, tawuran mahasiswa dan warga atau tawuran-twuran yang akhir-akhir ini masih saja terjadi,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Politeknik Jember Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM mengatakan melalui momentum ini untuk mengembalikan lagi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bernegara. Masyarakat semakin permisif pada tindakan-tindakan yang melenceng dari nilai Pancasila, yang hampir setiap hari ditayangkan di media massa.

“Kita harusnya prihatin dengan kondisi yang terjadi saat ini, para pemuda sudah banyak yang melupakan nilai-nilai luhur pancasila. Coba kita liat saja, mereka lebih bangga antri untuk menonton konser Boy Band yang mereka idolakan dari pada duduk manis menonton pagelaran wayang,” tutur Ir. Nanang

Sementara itu kirab parade seni dan budaya ini dimulai dari Kampus Politeknik Negeri Jember kemudian melalui rute jalan Mastrip, Jl Kalimantan dan berakhir di double way Universitas Jember. Kirab budaya ini diawali dengan  parade bendera oleh Paskibra Universitas Jember yang kemudian dilanjutkan oleh Menwa Universitas Jember.

Penampilan Reog Ponorogo yang di usung oleh PSRM Sardulo Anorogo Universitas Jember memberikan hiburan tersendiri bagi para hadirin yang hadir. Tidak hanya penampilan seni reog saja, panitia juga menampilkan kesenian tradisional Can Macanan Kaduk lengkap dengan Musik Patrol yang turut memeriahkan acara.

Kemeriahan dilanjutkan dengan berbagai busana carnaval yang menarik perhatian yang disajikan dalam Parade Bhineka Tunggal Ika oleh mahasiswa Universitas Jember yang tergabung dalam Jember Fashion Carnaval (JFC). Kemudian disusul oleh penampilan  Jember Marching Band (JMB) yang dikelola oleh Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Seni Budaya Olah Raga.

Setelah penampilan JMB dilanjutkan dengan Pencak Silat dari Politeknik Negeri Jember.  Pada Kirab Seni Budaya ini juga tampil Jantung Teater (Janter) sebagai unit kegiatan mahasiswa di Fakultas Hukum Universitas Jember.  Selain Janter juga tampil “Lumut” yaitu Unit Kegiatan Mahasiswa Seni Politeknik Negeri Jember yang terdiri dari 3 bidang yaitu lukis, musik dan tari.

Pada kesempatan yang sama juga tampil Capoiera yaitu seni beladiri asal Brasil yang merupakan kombinasi antara seni gerak, musik dan beladiri. Kirab seni budaya ditutup dengan penampilan music dari para mahasiswa. (Mj/Iim)

Leave us a Comment