Oleh-Oleh Khas Universitas Jember, Ya… GOO UNEJ Saja !

goo_UNEJ-768×432

Jember, 7 Februari 2018

Upacara wisuda biasanya menjadi hari yang istimewa bagi para wisudawan maupun keluarga, termasuk di Universitas Jember. Oleh karena itu sudah jamak jika keluarga wisudawan juga turut hadir untuk ikut menyaksikan putra putri kebanggan mereka yang di wisuda. Selain menyaksikan upacara wisuda, kesempatan ini juga dipergunakan untuk berwisata, mengunjungi lokasi wisata sembari mencari buah tangan khas daerah. Menangkap peluang ini, Universitas Jember melalui Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Jember membuka GOO UNEJ, Gerai Oleh-Oleh Universitas Jember yang mulai dibuka sebulan lalu di kompleks Kedai Kampus di jalan Kalimantan.

“GOO UNEJ ini menyediakan produk-produk khas Universitas Jember yang berbasis dari penelitian, baik hasil karya dosen dan mahasiswa kita, serta produk masyarakat yang dibina oleh Universitas Jember,” jelas Nurhayati, dosen FTP saat ditemui di GOO UNEJ (7/2). Nurhayati lantas memamerkan beberapa produk unggulan antara lain kopi Asmak, kopi luwak artifisial hasil penelitian Asmak Afriliana yang merupakan dosen Teknologi Hasil Pertanian, tiwul dan gatot instan, manisan asam, suwar suwir, sari jahe, minuman ringan temulawak, kripik mbote, krupuk sehat, aneka olahan berbasis pisang dan produk lainnya.  Semuanya hasil karya sivitas akademika Kampus Tegalboto.

“Produk yang kami jual kebanyakan produk olahan makan hasil inovasi yang tentunya menggunakan bahan alami sehingga kami berani menjamin keamanan pangan produk yang kami jual. Selain itu kami juga menjual produk-produk Usaha Kecil Menengah yang menjadi binaan kami,” ujar Nurhayati yang juga inisiator berdirinya GOO UNEJ. Melalui GOO UNEJ, Nurhayati berharap nama Universitas Jember bakal lebih dikenal, selain menumbuhkan rasa bangga kepada keluarga besar Universitas Jember karena hasil inovasinya dapat dinikmati khalayak luas.  “Ke depan saya berharap lebih banyak lagi dosen dan mahasiswa yang turut mengisi GOO UNEJ sehingga produknya makin bervariasi. Dari makanan hingga pernak pernik Kampus Tegalboto,” tuturnya.

Kehadiran GOO UNEJ disambut baik oleh masyarakat dan mahasiswa terutama bagi mahasiswa yang hendak pulang kampung. Seperti yang  Zainul, mahasiswa asal Lombok yang hari Sabtu (10/2) depan bakal diwisuda. Zainul sengaja datang ke GOO UNEJ untuk membeli oleh-oleh untuk keluarganya. Kali ini pilihan Zainul jatuh pada Kopi Asmak yang memang hanya di jual di GOO UNEJ.

Menurut Zainul dirinya sengaja memilih Kopi Asmak karena untuk diberikan pada ayahnya yang pecinta kopi. “Saya beli kopi Asmak untuk Bapak karena ini kopi arabika yang memiliki citarasa seperti kopi luwak tetapi bukan kopi luwak yang seperti dijual dipasaran. Harganya pun tidak semahal dengan kopi luwak, sepertinya rasanya mantab. Semoga orang rumah senang dapat oleh-oleh kopi yang unik ini,”ujar mahasiswa FISIP ini. (mun)