Ngonthel Bareng Rektor

Jember, 03 November 2013

Ratusan warga yang tergabung dalam Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Korwil Jember turut meriahkan Festival Tegal Boto (FTB), Minggu (03/11). Acara yang mengusung tema “Sepeda Sehat” diikuti oleh sekitar 500 pecinta sepeda tua. Mereka akan “ngontel” bersama Rektor Universitas Jember Drs. Moh. Hasan, M.Sc.,Ph.D dengan rute sejauh +/- 10 Km.

Hadir pula dalam acara pelepasan sepeda sehat Drs. Zulfikar, Ph.D selaku Pembantu Rektor 1 Unej dan Prof. A. Subagio, M.Agr., PhD selaku ketua panitia FTB. Rektor menyampaikan acara sepeda sehat bersama KOSTI ini merupakan yang pertama. Sepeda sehat merupakan sarana silaturahmi Unej dengan semua lapisan masyarakat. “Selain mengajak semua lapisan masyarakat untuk turut memeriahkan Festival Tegal Boto juga untuk bersilaturahmi dengan semua lapisan masyarakat Jember, karena anggota komunitas sepeda tua ini semua kalangan dari yang muda sampai yang sepuh juga banyak,” tutur rektor.

Sepeda yang digunakan oleh peserta merupakan sepeda tua yang rata-rata keluaran dibawah tahun 1945. Ada pula beberapa sepeda yang keluaran tahun 1800an. Rektor Unej bersama Prof. Dr. maryono selaku pengurus KOSTI Korwil Jember memimpin langsung di barisan depan yang diikuti oleh iring-iringan ratusan sepeda peserta yang lain.

Menurut Prof. Dr. maryono acara sepeda sehat juga bermaksud mengkampanyekan pola hidup sehat dan kesederhanaan kepada masyarakat umum. Maryono berpendapat pengayuh sepeda  adalah masyarakat yang peduli pada lingkungan dan kesehatan serta salah satu wujud kesederhanaan dalam hidup bermasyarakat. “Dengan acara ngonthel bareng ini  merupakan wujud sinergisitas  anta Universitas Jember dengan masyarakat, terlebih lagi para pengonthel sepeda  adalah mereka yang  suka pola hidup sehat, sederhana dan apa adanya” tuturnya. Seluruh peserta akan mendapat konsumsi (gratis), PIN dan  ditutup dengan pengundian doorprize. (Mj)

Leave us a Comment