Ners Harus Memiliki Empati Keperawatan

Jember 22 Mei 2015

Seorang Ners baru harus bangkit dan senantiasa memiliki sikap kejujuran, kepedulian/empati dan pantang menyerah di dalam menjalankan tugas keperawatan. Ners harus mampu memberikan solusi dalam setiap problem kesehatan yang dihadapi oleh pasien. Demikian yang disampaikan oleh Rektor Universitas Jember Drs. Moh. Hasan, M.Sc. Ph.D, dalam Sumpah Profesi Ners Angkatan XI Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Jember, (21/5)

Dalam acara yang digelar  di Gedung Alumni ini rektor juga berpesan kepada para Ners baru agar senantiasa iklas dalam menjalankan tugas sehingga nantinya akan bisa sukses tidak hanya di dunia akan tetapi akan sukses di akherat. “Ners yang baik akan membawa kebahagiaan bagi pasien dan jika pasien bahagia maka akan cepat sembuh dan itu adalah modal bagi kalian untuk bahagia dunia dan akherat,” ujar Rektor.

Drs. Moh. Hasan, M.Sc. Ph.D, menambahkan pengambilan sumpah profesi Ners bukan merupakan akhir dari proses pembelajaran, tetapi menjadi awal dari perjuangan untuk menjadi lulusan yang profesional. menurutnya, pengambilan sumpah Ners adalah langkah awal bagi para lulusan untuk menjadi lulusan yang profesional. “Maka dari itu kalian harus menguasai konsep berupa kompetensi & konsep, kolaborasi/network, selalu melakukan perubahan dengan selalu berkreatif dan berinovasi,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua PSIK Universitas Jember Ns.Lantin Setyorini,S.Kep.M.Kes mengatakan, pelaksanaan upacara sumpah profesi Ners angkatan XI ini, diikuti oleh 37 orang Ners baru dimana Ns. RIMA DEWI ASMARINI,S.Kep tercatat sebagai lulusan terbaik. Selain meraih IPK 4,00, Rima juga merupakan lulusan  tercepat dengan masa studi 4 tahun 3 bulan.

“Rima itu menurut saya sungguh luar biasa karena pada tingkat sarjana dia mampu lulus selama 3 tahun di tambah profesi 1 tahun 3 bulan hal ini merupakan prestasi yang mengagumkan jika dilihat dari lama studinya,” papar Lantin.

Lantin berharap, para lulusan Ners nantinya dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan profesional dalam penerapan, pengembangan dan menyebar luaskan teknologi keperawatan. “Seorang Ners baru harus  bisa bersikap dan beretika yang baik biasakan bersenyum karena jika kita beretika yang baik kita bersenyum, bersapa dan menbarkan salam maka kita akan mendapatkan keberkahan,” pesan Lantin.

Sumpah Ners Angkatan ke XI ini cukup berbeda dari biasanya karena selain di hadiri oleh undangan juga di hadiri oleh Ketua STIKES di Karisidenan Besuki Raya (Jember, Lumajang, Propolinggo, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi). (Satar/Mj)

Leave us a Comment