Musik Akustik Kebangsaan dan Opera Kentrung (DJOS)

Masih dalam rangkaian peringatan Bulan pancasila dan Ulang Tahun Emas Universitas Jember, pada hari Jum’at 13 Juni 2014, jam 19.00 di Gedung KAUJE (jalur selatan double way) digelar acara MUSIK AKUSTIK KEBANGSAAN DAN OPERA KENTRUNG (DJOS).
Musik Akustik Kebangsaan menampilkan 5 komunitas seni mahasiswa, yakni Dewan Kesenian Kampus Fak. Sastra Univ. Jember, Kurusetra Fak. Ekonomi Univ. Jember, Bahana Justisia Fak. Hukum Univ. Jember, UKM Kesenian Univ. Jember, dan LUMUT Politeknik Negeri Jember. Acara ini menyuguhkan garapan musik akustik dari komunitas-komunitas tersebut dengan membawakan lagu-lagu bertema perjuangan dan kritik sosial. Dengan format demikian, acara ini diharapkan mampu mengkontekstualisasikan garapan musikal mahasiswa dengan isu-isu kebangsaan, khususnya terkait pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila.
Opera Kentrung (Djos) menyuguhkan lakon MINAK JINGGO GUGAT. Dalam balutan komedi yang kental, tema perjuangan Minak Jinggo untuk mendapatkan hak politik dan kulturalnya disuguhkan dengan sangat cair dan menarik. Pentholan-pentholan Kentrung Djos yang pernah mengharumkan nama Universitas Jember pada era 1980-1990an akan menghadirkan drama komedi dalam formasi kentrung yang penuh dengan kritik-kritik sosial dan politik serta dikontesktualisasikan dengan permasalahan masyarakat dewasa ini.

Leave us a Comment