Moh. Hasan : Bersyukur Universitas Jember Mencapai Usia 51 Tahun

Jember, 11 November 2015

Bertepatan dengan Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November, seluruh sivitas akademika Universitas Jember juga merayakan hari jadinya yang ke 51 tahun. Rangkaian peringatan Dies Natalis ke 51 Universitas Jember antara lain diwujudkan dengan kegiatan tasyakuran di Gedung Soetardjo (10/11). Hadir dalam kegiatan tasyakuran kali ini seluruh unsur pimpinan, dosen, karyawan dan mahasiswa Universitas Jember.

 Dalam acara yang dikemas dengan sederhana namun khidmat ini, Rektor, Moh. Hasan mengajak keluarga besar Universitas Jember untuk tiada hentinya bersyukur atas segala karunia Allah SWT yang sudah diberikan kepada Universitas Jember, sehingga mampu tetap survive, berkembang bahkan mampu memberikan kontribusi nyata bagi bangsa. “Kita patut bersyukur lembaga yang kita cintai, Universitas Jember telah mencapai usia ke 51. Sudah banyak yang kita kerjakan, ada juga yang belum tercapai. Oleh karena itu mari kita terus jaga bersama marwah Universitas Jember agar terus berprestasi,” ujar rektor.

Dalam acara tasyakuran ini, Moh. Hasan menjelaskan kepada para hadirin bahwa saat ini Universitas Jember terus berbenah, salah satunya dengan mempersiapkan Rencana Strategis (Renstra) 2016-2020 yang akan menjadi pijakan ke depan. Keberadaan Renstra 2016-2020 ini diharapkan akan membawa Universitas Jember lebih baik lagi, terlebih lagi tahun depan anggaran Universitas Jember meningkat. “Di saat anggaran PTN lain menurun, justru anggaran Universitas Jember tahun depan akan naik,” jelas rektor.

Menurut rektor, kenaikan anggaran ini antara lain akan digunakan bagi kegiatan-kegiatan akademik dan ilmiah di tingkat jurusan, serta internasionalisasi karya ilmiah dosen dan mahasiswa di tingkat internasional. “Tahun depan anggaran untuk jurusan akan naik dua kali lipat. Kita juga akan terus mendorong kuantitas dan kualitas karya ilmiah dosen serta mahasiswa di tingkat internasional, termasuk mendanai mobil listrik mahasiswa Fakultas Teknik untuk berlaga di ajang dunia,” kata Moh. Hasan.

Acara tasyakuran kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada dosen berprestasi tahun ini, Prof. Dr. Bambang Sugiharto yang juga Peneliti Berprestasi Tingkat Nasional dalam Inovasi Teknik Pangan dan Pertanian 2015. Selanjutnya kepada Eko Wahyu Nugroho, laboran dari Program Studi Ilmu Keperawatan yang juga finalis ajang Tenaga Kependidikan Nasional 2015. Potongan tumpeng ketiga diserahkan oleh rektor kepada tim mobil listrik Fakultas teknik yang meraih juara pertama untuk kategori paling irit dalam kontes Mobil Hemat Energi 2015. Acara kemudian diakhiri dengan makan siang bersama. (iim)

Leave us a Comment