MERCI, Ajang Inovasi Kreatif Pecinta Roket Air

rocket_unej-630x330px

Jember, 23 November 2016

Himpunan Mahasiswa Mesin Universitas Jember sukses gelar MERCI (Mechanical Rocket Competition) 2016, (20/11). MERCI adalah kompetisi rocket tahunan tingkat SMA/SMK/MA se Jawa-Bali yang memperebutkan piala gubernur Jawa Timur.

“Alhamdulillah setelah melui proses babak penyisihan yang panjang di beberapa kota se Jawa dan Bali, akhirnya terpilih sebanyak 30 tim dari perwakilan masing-masing regional untuk melanjutkan pertandingan di lapangan timur Perpustakaan UNEJ,” ujar Hayun Indra ketua panitia MERCI.

Mahasiswa yang akrab disapa Hayun ini mengatakan, peserta yang ikut serta dalam babak final MERCI ini berasal dari beberapa kabupaten meliputi Jember, Bondowoso, Banyuwangi, Probolinggo, Lumajang, Pasuruan, Surabaya, Pamekasan, Sumenep, Tuban, Kediri, dan Tulungagung.

“Jumlah keseluruhan peserta yang mendaftar lebih dari 200 tim namun kami lupa berapa detailnya, mereka mengikuti babak penyisihan di kota masing-masing sesuai dengan regional yang ditentukan panitia,” ujar Hayun.

Hayun menjelaskan, kompetisi roket air ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kreativitas siswa dan inovasi sains di bidang roket khususnya roket air.

“Rupanya minat siswa terhadap roket air cukup bagus ini terlihat sekali dari antusiasme yang terlihat di wajah peserta saat melakukan peluncuran, para peserta terlihat penuh semangat dan konsentrasi tinggi di tengah teriknya matahari”

Lebih jauh Hayun mengatakan, selain untuk meningkatkan kreativitas siswa MERCI juga digelar sebagai promosi Universitas Jember ke sekolah-sekolah SMA/SMK se Jawa dan Bali.

“Tidak semua sekolah tau dan mengenal UNEJ, melalui acara ini kami jadi tau bahwa sebenarnya banyak siswa SMA/SMK yang berminat kuliah di UNEJ namun hanya saja mereka belum mendapatkan banyak informasi mengenai UNEJ,” pungkas Hayun.

Berdasarkan hasil penelaian dewan juri, juara 1 diraih oleh tim BSPB dari SMAN 1 Bangil, juara 2 oleh Team Young Pascal Reborn dari SMAN 2 Kediri, juara 3 oleh Tim Bismillah Kudu Iso dari SMAN 1 Bangil. Tim Laskar Merah Pote dari MAN Sumenep berhasil meraih best design rocket dan untuk kategori best design launcher diraih oleh Tim Rama Cibhi dari SMAN 1 Pasuruan. (Mj)

Leave us a Comment