Menwa Se-Jawa Timur Peringati HUT Mahasurya Di Kampus Tegalboto

Menwa2Jember, 1 Juni 2016.

Satuan Resimen Mahasiswa (Menwa) Mahasurya Jawa Timur merayakan hari jadinya yang ke 52. Upacara peringatan ulang tahun baret ungu ini dipusatkan di Kampus Tegalboto Universitas Jember. Rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Menwa Mahasurya dimulai dengan upacara bendera dengan inspektur upacara Rektor Universitas Jember, Moh. Hasan, bertempat di lapangan upacara Universitas Jember (1/6). Dalam amanatnya, Moh. Hasan meminta agar seluruh anggota Satuan Menwa Mahasurya Jawa Timur selalu menjadi mercu suar dimana pun berada, baik selama menjadi mahasiswa maupun saat berkiprah di masyarakat umum. Selalu memberikan pencerahan dan menjadi contoh yang baik dimana pun mereka berada.

Menurut Rektor Universitas Jember, meskipun kondisi faktual Indonesia saat ini berbeda dengan saat Satuan Menwa Mahasurya didirikan pada tahun 1964, namun substansi permasalahan yang dihadapi tetap sama. “Saat ini ada pihak-pihak yang menawarkan ideologi lain sebagai pengganti Pancasila. Oleh karena itu, anggota Satuan Menwa sebagai komponen bangsa yang memiliki daya intelektualitas sekaligus mendapatkan pendidikan bela negara, wajib menjadi garda terdepan dalam menjaga kesatuan dan persatuan NKRI,” tegas Moh. Hasan di hadapan perwakilan Menwa se-Jawa Timur dan undangan lainnya.

Moh. Hasan kemudian meminta agar seluruh anggota Menwa Mahasurya tidak melupakan tugas utama yakni menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidangnya masing-masing, sambil terus memantapkan pembinaan karakter serta kemampuan bela negara melalui Resimen Mahasiswa. “Saya bisa merasakan perbedaan diantara mahasiswa yang mejadi anggota Menwa dengan mereka yang tidak bergabung, paling tidak mahasiswa yang menjadi anggota Menwa memiliki sifat kedisiplinan. Maka, pertahankan keunikan dan keunggulan Menwa agar dapat menjadi contoh bagi mahasiswa yang lain,” tambah Moh. Hasan.

Rangkaian kegiatan kemudian dilanjutkan dengan tasyakuran yang digelar di aula Fakultas Hukum Universitas Jember. Dalam sambutannya Pembantu Rektor III Universitas Jember, Moh. Saleh meminta agar seluruh anggota Menwa Mahasurya memanfaatkan momentum HUT Menwa ke 52 sebagai ajang instropeksi dan berbenah diri. “Saya sangat berharap, ke depan dapat dibentuk forum khusus antar kordinator wilayah yang ada di Menwa Mahasurya sebagai media komunikasi dan silaturrahmi bagi seluruh anggota Menwa di Jawa Timur. Dengan terbentuknya forum untuk bersilaturrahmi nantinya diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di dalam Menwa Mahasurya,” tutur Moh. Saleh yang juga menjabat sebagai Ketua Forum Silaturahmi Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan se-Jawa Timur.

Acara tasyakuran juga diisi dengan pemotongan tumpeng dan penyerahan piala bagi pemenang lomba ketangkasan antar Satuan Menwa Mahasurya yang dilaksanakan di Batalyon Armed 8 Jember, sehari sebelumnya. Tampil sebagai juara pertama, Satuan Menwa Universitas Muhammadiyah Jember, di susul Satuan Menwa Universitas Darussalam, Ponorogo dan Satuan Menwa Universitas Kanjuruhan Malang. Sementara juara harapan I dan II di bawa pulang oleh Satuan Menwa Universitas Wahidiyah Kediri dan Satuan Menwa Universitas Merdeka Malang. (iim/lid)

Leave us a Comment