Menjadikan Al-Quran Sebagai Petunjuk Hidup

Jember, 6 April 2015

KHR. Moh. Kholil As’ad Syamsul Arifin pengasuh Pondok Pesantren (PP) Wali Songo, Situbondo, hadir memberikan ceramah di Masjid Al-Hikmah Universitas Jember, (3/5). Dihadapan ratusan mahasiswa Kyai yang akrab disapa Kyai Kholil ini mengajak untuk selalu menjadikan Al-Quran sebagai petunjuk dalam hidup.

Dalam ceramah yang bertema “Pengajian Alquran dan Sholawat Bersama Universitas Jember” ini, beliau juga mengajak beberapa santri penghafal Al-Quran dan Al-Hadist dari pesantren yang beliau pimpin untuk menjawab semua pertanyaan jamaah.

“Semua permasalahan dalam kehidupan ini sesungguhnya sudah dituliskan dalam Al-Quran dan dijelaskan oleh Al-Hadist, maka dari itu silahkan ajukan semua pertanyaan terkai apa saja dan nanti para santri akan membacakan ayat maupun hadist yang berkaitan dengan pertanyaan anda,” uajr Kyai Kholil.

Dalam kesempatan itu beliau juga berpesan kepada para mahasiswa agar di dalam menuntut ilmu selayaknya berangkat dari keimanan. Hal itu menurutnya diakarenakan, untuk mendapatkan ilmu yang barokah dan bermanfaat harus diiringi dengan keimanan dan ketaqwaan pada Allah.

“Salah satu ciri ilmu yang barokah adalah bisa menambah rasa takut pada Allah, karena pemilik satu-satunya ilmu adalah Allah baik ilmu agama ilmu umum ya semua adalah milik Allah, jadi tidak ada alasan untuk tidak tunduk pada Allah hanya karena keilmuan yang kita miliki,” imbuh kyai yang aktif keliling Indonesia untuk berdakwah ini.

Dalam kesempatan itu hadir pula Kyai Zaini Bupati Situbondo yang selama ini juga mendukung aktifitas dakwah Kyai Kholil. Dalam paparan singkatnya dia mengatakan selama ini Kyai Kholil memang aktif dalam ceramah diberbagai tempat.

“Kyai memang memiliki perhatian besar sekali terhadap kualitas keimanan kita semua, kokohnya tebalnya keimanan umat selalu menjadi perhatian kyai bahkan di pulau-pulau yang sulit dijangkau pun kyai hadir umtuk memberikan ceramah agar nilai agama ini tidak.semakin tergerus,” paparnya singkat. (Mj)

Leave us a Comment