Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak Melalui Seni Lipat Kertas (Origami)

Jember, 28 Agustus 2014

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dalam rangka mengabdikan diri kepada masyarakat. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember dengan mengajari anak-anak seni melipat kertas (origami), (27/08). Kegiatan ini diberikan kepada anak-anak yatim dan anak dari kalangan kurang mampu yang berada di kelurahan Baratan.

Mustaqim ketua pelaksana kegiatan menuturkan, dipilihnya keterampilan origami adalah untuk melatih kemampuan motorik anak. Menurutnya dengan origami anak-anak dilatih untuk berfikir dan menuangkan apa yang mereka fikirkan kedalam sebuah kertas lipat. “Misalnya saja mereka berfikir tentang seekor kelinci, maka mereka harus berfikir bagaimana caranya melipat-lipat kertas sehingga berbentuk mirip kelinci.

“Anak-anak itu perlu banyak diberikan pelatihan keterampilan supaya kemampuan motorik mereka berkembang dengan baik karena diawal mereka diajari teorinya dan kemudian membuatnya sesuai dengan teori atau cara yang telah diajarkan,” imbuh Mustaqim.

Tidak kurang dari 25 anak yatim dan anak dari kalangan kurang mampu mengikuti pelatihan itu. Mereka terlihat sangat senang, ketika diajari bagaimana membuat kerajinan tangan dari kertas itu. Hasil dari Origami mereka bawa pulang untuk maenan dirumah. Mustaqim menambahkan, anak yatim ini juga dirangsang agar kreatif serta menumbuhkan semangat berwirausaha dengan membuat sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.

“Anak-anak itu jangan hanya diajari dengan diceramahi saja, karena mereka pasti bosan dan karena mereka pasif, dengan diajari seni melipat kertas ini membuat mereka lebih aktif, ada yang membuat burung, katak dan ada pula yang membuat bunga mawar dan boneka,”pungkasnya.

Para anak yatim yang ikut pelatihan seni melipat kertas ini awalnya terlihat gugup, lalu berubah jadi antusias ketika mampu menyelesaikan satu karya Origami. Selain mendapatkan pelatihan anak-anak juga mendapatkan bingkisan yang berisi perlengkapan untuk sekolah. (Mj)

Leave us a Comment