Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat Melalui Promosi Kesehatan

lumajang_UNEJ_2-768×510

Lumajang, 25 Maret 2019

Universitas Jember berkomitmen untuk terus berpartisipasi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pedesaan disekitar wilayah Universitas Jember. Salah satunya dengan melakukan promosi kesehatan ke desa-desa binaan. Seperti yang telah dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Diploma III Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang. Mereka melakukan promosi kesehatan ke siswa Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Ulum  di Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang.

“Desa Wotgalih merupakan salah satu desa binaan yang nantinya akan dilakukan penelitian mengenai kesehatan masyarakat. Kunjungan ini dilakukan untuk memberikan promosi kesehatan kepada siswa dan siswi mengenai berperilaku hidup bersih dan sehat,” ujar Ahmad Fauzi ketua panitia kegiatan.

Fauzi mengatakan, kegiatan promosi kesehatan kali ini mengangkat dua judul yang berkaitan erat dengan perilaku hidup bersih dan sehat. Pertama, promosi kesehatan menggosok gigi yang baik dan benar serta mencuci tangan yang baik dan benar melalui 6 langkah.

“Promosi kesehatan kali ini saya rasa lebih menarik bagi anak-anak. Karena tidak hanya melalui materi yang berupa tulisan, melainkan juga berupa vidio dan praktik secara langsung yang dilakukan para mahasiswa beserta siswa dan siswi,” imbuh Fauzi.

Acara ini diikuti oleh 38 anak dari siswa-siswi kelas IV, V dan IV. Mereka semua  sangat berantusias mengikuti dan mendengarkan arahan dari panitia. Tidak jarang diantara mereka kemudian memberikan umpan balik berupa pertanyaan.

Sementara itu, Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Ulum Ade Irnawati menyampaikan rasa terimakasih kepada para panitia. Karena menurut Irna siswa-siswinya masih jauh dari perilaku hidup sehat dan bersih.

“Terimakasih telah berkunjung ke Sekolah kami. Kami sangat membutuhkan  sosok-sosok  anda sebagi seorang perawat yang dapat memberikan suri tauladan kepada siswa dan siswi. Sehingga mereka dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dirumah maupun disekolah,” ucap Irna.

Sementara itu Endro Sulistiono dosen pembimbing kegiatan menyampaikan rasa bangganya.  Karena mahasiswa turut peduli dalam membiasakan hidup sehat dan bersih pada anak-anak sekolah.

“Kami berterimakasih kepada pihak sekolah telah menerima kami. Promosi kesehatan ini dalam rangka menanamkan pengetahuan kepada siswa dan siswi tentang  upaya meningkatkan hidup bersih dan sehat, ujar Endro.

Endro berharap adanya kegiatan ini menjadi awal dari membiasakan anak-anak untuk hidup dan berperilaku yang sehat baik di sekolah maupun di rumah. Sehingga kedepan derajat kesehatan masyarakat Desa Wotgalih bisa semakin meningkat.