Mengispirasi, Merealisasi dan Berkarya untuk Bangsa Bersama UJAR

UjarUNEJ-1-768×512

Jember, 26 Oktober 2018

Universitas Jember Mengajar (UJAR) merupakan salah satu organisasi kampus yang baru saja menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), yang terus berinovasi untuk mengajak pemuda generasi bangsa dalam membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Inovasi baru tersebut ditunjukkan dengan mengadakan kegiatan UJAR FAIR 1.0 yang diisi lomba essay nasional dan seminar nasional. “Kegiatan ini merupakan acara besar pertama dari UKM UJAR yang sudah direncanakan pada kepengurusan tahun lalu, dan alhamdulillah dapat terlaksana pada tahun ini,” papar Eko Bagus selaku Ketua Umum UKM UJAR.

Kegiatan UJAR FAIR 1.0 diawali dengan lomba essay nasional yang diikuti oleh sepuluh perguruan tinggi di Indonesia. Pemenang dari lomba sssay tersebut diraih oleh Indy Farha Elya (Universitas Jember) sebagai Juara 1, Vidia Utami Fariinzi (Universitas Airlangga) sebagai Juara 2, dan Muhammad Mufli (Universitas Brawijaya) sebagai Juara 3. Pemberian hadiah diberikan pada saat pelaksanaan acara seminar nasional UJAR FAIR 1.0. yang bersamaan dengan  seminar nasional dengan tema “Menginspirasi dalam Tulisan, Merealisasi dalam Gerakan, dan Berkarya untuk Bangsa”, Minggu (21/10).

Seminar yang membahas bagaimana cara generasi muda agar dapat berkontribusi dalam membangun bangsa, dan memajukan kualitas pendidikan ini diikuti oleh kalangan mahasiswa, pelajar, dan gerakan atau komunitas mengajar di Jember serta beberapa kota di wilayah Jawa Timur seperti Malang, Surabaya, dan Banyuwangi.

Dalam acara ini ada tampil tiga pemateri. Pemateri pertama dalam seminar ini adalah Panji Aziz Pratama, S.Kesos., dengan tema bahasan “Berkarya untuk Bangsa”. Panji adalah founder dan Managing Director di Isbanban Foundation, sebuah yayasan sosial non-profit yang berfokus untuk membantu anak-anak di Banten agar mendapatkan akses pendidikan berkualitas. Pemateri kedua yaitu Ns. Tunggul Harwanto, M.Kes dari Rumah Literasi Indonesia dengan materi “Menginspirasi dalam Tulisan”, dan pemateri ketiga yaitu Nurani Fitriyah, S.T, salah satu Pengajar Muda Angkatan XIII Indonesia Mengajar yang menyampaikan materi dengan tema “Merealisasi dalam gerakan”.

Banyak ilmu yang di peroleh dari hasil seminar di UJAR FAIR 1.0.. Salah satunya diungkapkan oleh Mareta Evelin Muhlisin. “Seminar ini sangat bermanfaat bagi generasi muda untuk menyadarkan betapa pentingnya pendidikan agar dapat membangun bangsa Indonesia menjadi lebih baik,” ungkapnya. Acara seminar berjalan dengan sukses, hal ini dapat telihat dari antusiasme peserta yang banyak mengajukan pertanyaan kepada setiap pemateri. Acara ini rencananya akan dijadikan agenda rutin yang akan diadakan setiap satu tahun sekali. “Semoga acara UJAR FAIR ini dapat terlaksana kembali pada tahun berikutnya dengan konsep dan persiapan acara yang lebih baik lagi,” ujar Intan Cahya yang bertugas sebagai ketua pelaksana kegiatan. (tim UJAR UNEJ)