Mengenalkan Kampus Melalui Wisata Edukasi

DSC02917

Jember, 23 April 2019

Program Diploma III Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember gelar wisata edukasi kampus. Dalam acara ini sebanyak 120 siswa utusan dari SMA/SMK/MA sedrajat se Besuki Raya (Banyuwangi, Situbondo, Probolinggo, Lumajang, Jember) diajak untuk mengenal kampus Universitas Jember lebih dekat.

“Acara ini secara umum untuk memberikan gambaran nyata mengenai aktifitas akademik yang ada di Kampus Tegalboto khususnya FISIP yaitu program Diploma III Usaha Perjalanan Wisata dan Perpajakan,” ujar Wakil Dekan 3 FISIP Universitas Jember Dr. Hadi Prayitno, M.Kes saat memberikan sambutan di aula FISIP, (22/4)

Hadi mengatakan, tidak semua siswa SMA sederajat memiliki cukup pengetahuan terkait kampus yang akan mereka tuju untuk melanjutkan pendidikannya. Sering kali pilihan program studi yang mereka pilih justeru dipilihkan oleh sekolah.

“Sehingga ketika siswa lolos seleksi dan kuliah ada saja mahasiswa yang merasa tidak cocok dengan program studi yang dia tempuh. Akibatnya, kuliah ogah-ogahan nilai kurang bagus dan akhirnya prestasinya juga kurang bagus,” ujar Hadi.

Hadi menambahkan, untuk mengurangi terjadinya hal di atas siswa harus mengetahui terlebih dahulu mengenai apa yang akan mereka pelajari saat di bangku kuliah nantinya. Tidak hanya itu, pengenalan lingkungan akademik juga menjadi salah satu penunjang dalam menentukan kampus tujuan.

“Oleh karena itu pada kesempatan ini kami tidak hanya memperkenalkan kurikulum yang ada di FISIP namun kami juga mengajak para siswa keliling kampus Universitas Jember agar mereka tau secara langsung suasana lingkungan di Universitas Jember,” imbuh Hadi.

Sementara itu ketua panitia kegiatan Indra Perdana, S.St, MM, mengatakan, dalam acara wisata edukasi ini peserta tidak hanya mendapatkan penjelasan mengenai kurikulum. Namun peserta juga mendapatkan informasi mengenai peluang kerja yang sangat luas mana kala lulus dari kampus FISIP khususnya Diploma III Usaha Perjalanan Wisata dan Pajak.

“Tidak hanya itu para peserta juga akan kami ajak untuk mengikuti proses perkuliahan selama sehari. Ya istilah kami mereka kami ajak untuk menjadi mahasiswa selama satu hari dengan ini mereka bisa merasakan bagaimana rasanya menjadi mahasiswa,” ujar Idra.