Menengok Kreativitas Mahasiswa Dalam PIMNAS 2015: Pembentukan Dokter Kecil Upaya Mewujudkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sejak Dini

Kendari, 7 Oktober 2015

Lingkungan sekolah merupakan salah satu sarana penting untuk membina dan membudayakan hidup bersih dan sehat. Pada kenyataannya sebagian besar sekolah belum bisa menerapkan budaya hidup bersih dan sehat. Hal itulah yang kemudian mengilhami Muthmainah Farida Hanif bersama empat orang kawannya untuk membentuk Dokter Kecil dan Pemberdayaan Kesehatan Usia Dini di SDN Gumuksari 3 Kalisat Jember.

Hal itu dilakukan dalam melakukan pemberdayaan kepada masyarakat sebagai upaya mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat sejak usia dini. “Sekolah ini tidak dapat menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), diantaranya, lingkungan sekolah yang kurang mendukung serta kurangnya pengetahuan dan sikap warga sekolah dalam berperilaku hidup bersih dan sehat,” ujar Farida.

Menurut Farida, metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah pemberdayaan kesehatan dengan intervensi pelatihan PHBS, observasi lingkungan dan intervensi perubahan layanan kesehatan.

“Pemberdayaan kesehatan dilakukan melalui 4 tahap yaitu, persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan hasil kegiatan. Pada tahap pelaksanaan meliputi pelatihan dokter kecil, petualangan PHBS, lomba PHBS, monitoring lomba PHBS dan gebyar PHBS, imbuh Farida.

Dari program ini ternyata telah memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap perilakuk hidup sehat anak-anak SD dan masyarakat lingkungan sekitar. “Sekarang masyarakat mulai sadar pentingnya perilaku hidup sehat, warga yang awalnya jarang mau periksa ke Posyandu kini mereka rutin datang walau untuk sekedar berkonsultasi,” pungkas Farida.

Luaran yang dihasilkan dalam pemberdayaan ini adalah terbentuknya dokter kecil yang terlatih dalam PHBS, pengetahuan dan sikap warga sekolah dalam berperilaku hidup bersih dan sehat mengalami peningkatan, serta terciptanya buku saku ter-ISBN 978-602-9030-75-4. Saran yang dapat diberikan yaitu memfasilitasi dokter kecil dalam berkegiatan, sekolah perlu meningkatkan pelayanan kesehatan, dan program semacam ini sebaiknya diberikan ke semua sekolah di-Indonesia.

Leave us a Comment