Meminimalisir Pernikahan Dini Dengan Program Pak Jihad

Jember, 31 Maret 2015

Tingginya angka pernikahan dini di desa Ajung kecamatan Kalisat, menimbulkan keprihatinan tersendiri bagi 3 orang mahasiswa Universitas Jember. Rohmawati, Qurotul Ainy dan Sufriantoro ini kemudian membentuk Paguyuban Kader Pengajian Sehat Desa (PAK JIHAD), (30/3). Bekerjasama dengan pejabat desa setempat mereka bertiga kemudian secara rutin mengadakan penyuluhan kepada ibu-ibu pengajian seputar pernikahan dan kesehatan reproduksi.

  “Program ini bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat melalui terbentuknya kader-kader kesehatan yang berbasis islam. Kader-kader tersebut adalah wanita yang aktif mengikuti pengajian didaerahnya,” papar Sufriantoro.

Menurutnya, para kader yang ikut dalam program  Pak Jihad ini merupakan orang-orang yang “dituakan” di kalangan kelompok pengajiannya serta dipercaya oleh ketua dusun sebagai duta dusun untuk menjadi peserta program Pak Jihad.

Para kader Pak Jihad ini kemudian mendapatkan pelatihan dan pembinaan yang intensif. Selain itu, para mahasiswa yang tergabung dalam Progaram Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M) ini, memberikan simulasi atau contoh edukasi kesehatan kepada kader.

“Kemudian nanti pada kesempatan berikutnya, mereka akan terjun langsung memberikan edukasi kesehatan reproduksi didaerahnya secara mandiri dengan dipantau oleh kami” imbuh Sufrianto yang kini tercatat sebagai salah satu mahasiswa FISIP.

Senada dengan Sufriantoro, Qurotul Aini menambahkan, terbentuknya Pak Jihad ini akan memudahkan penyebaran informasi kesehatan reproduksi kepada masyarakat, khususnya wanita. Menurutnya, kader ini juga dibina untuk menjadi pendamping bagi wanita-wanita yang ada di daerahnya untuk melakukan konseling.

“Sehingga masalah kesehatan reproduksi di masyarakat dapat diselesaikan, prevalensi masalah kesehatan reproduksi dan dampaknya pun dapat diminimalisir,” ujar mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat ini. (St/Mj)

2 Comments

  • toro
    Reply

    Salah satu tri darma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat. dan inilah salah satu bentuk pengabdian kami.

    • Dian Novanto
      Reply

      (y)

Leave us a Comment