Membina Keakraban Dengan Mahasiswa Baru

Jember, 1 September 2014

Terlihat suasana yang berbeda dalam acara Perkenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru yang dilaksanakan oleh Fakultas Tekhnologi Pertanian Universitas Jember. Para mahasiswa baru berkumpul secara rapi dihalaman depan FTP bersama para dosen dan karyawan lainnya. Hal ini tidak lazim karena fakultas lain biasanya menggunakan ruang kelas ataupun ruang aula untuk acara tersebut.


“Kami sengaja tidak menggunakan ruang kelas agar suasana lebih terasa santai,” ujar Dr. Yuli Witono STP.,M.P. Dekan Fakulutas Teknologi Pertanian. Menurutnya, dengan duduk bersama suasana keakraban antara mahasiswa baru dan para dosen akan mudah terbina. “Duduk sama rendah berdiri sama tinggi,” ujarnya.

Dr. Yuli menuturkan, dengan cara berkumpul duduk lesehan biasanya mahasiswa akan lebih berani dalam menyampaikan pendapat. Berbeda halnya jika acara digelar dalam sebuah ruangan layaknya sedang kuliah maka suasana akan terasa berbeda sehingga bisanya mahasiswa tidak begitu barani dalam menyampaikan pendapat.

Untuk tahun ini FTP menerima sebanyak 291 mahasiswa baru untuk jenjang S 1. “Tahun ini kita lebih banyak dari pada tahun lalu karena kami ketambahan satu jurusan baru yaitu jurusan Teknologi Industri Pertanian (TIP), jurusan THP 126, TP 110, TIP 55 mahasiswa. Selain itu kami juga baru membuka jenjang S2,” pungkasnya.

Leave us a Comment