Membangun Kesadaran Hidup Sehat Melalui Lomba Dusun Siaga Aktif

Jember, 2 Maret 2016

Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Jember mengelar lomba Dusun Siaga Aktif dan lomba Kader UKS di Kecamatan Rambipuji Jember, (1/3). Acara ini terselenggaara  atas kerjasama seluruh lapisan masyakat kecamatan Rambipuji bersama mahasiswa PSIK yang sedang melaksanakan kegiatan Praktik Profesi Ners bidang jiwa dan komunitas.

Hany Rasny dosen pembina program mengatakan, kegiatan ini semata-mata untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pola perilaku hidup sehat dari segala usia. “Tentunya saya sangat mendukuang kegitan Lomba Dusun Siaga Aktif ini, karena menurut saya sangat bagus dan inovatif serta sejalan dengan program pemerintah untuk mewujudkan desa sehat,” ujarnya.

Menurutnya respon masyarakat cukup bagus, lomba ini diikuti oleh tim dari 3 Desa yaitu Desa Rambipuji, Rambigundam, dan Desa Pecoro. Dalam satu tim terdiri dari lima unsur masyarakat.

“Dalam satu tim harus ada  Kepala Dusun, Ketua Rukun Tetangga (RT) Ketua Rukun Warga (RW) dan Tokoh Masyarakat, mereka nantinya menjadi kader kesehatan desa masing-masing, ini  merupakan formasi yang ideal dimana masing berperan seuai kapasitas masing-masing dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan.” Imbuhnya.

Sementara itu Camat Rambipuji Drs. Budi Susila, M.si mengaku sangat berterimakasih atas kegiatan tersebut. Menurtnya, pembentukan kader kesehatan akan mendorong masyarakat untuk berperilaku hidup sehat dan peduli kesehatan masyarakat.

“Yang jelas kami sangat merasa terbantu, pembentukan kader sehat ini langsung bersentuhan dengan masyarakat setempat dan pastinya kami sangat berterimakasih. Kami yakin secara tidak langsung akan merubah pola perilaku hidup sehat masyarakat dan kesiapsiagaan terhadap permasalahan kesehatan dimulai dari tingkat Dusun hingga Desa, seterusnya ke tingkat Kecamatan,” paparnya.

Senada dengan Camat Rambipuji dr. H, Husnan Kepala Puskesma Rambipuji mengatakan, setelah dilakukan penyuluhan kesehatan oleh para mahasiswa PSIK pola hidup sehat masyarakat mulai terbentuk.

“Sekarang masyarakat tidak lagi enggan datang ke puskesma walaupun hanya sekedar ingin mengetahui tekanan darah dan konsultasi kepada dokter yang bertugas terkait permasalahan kesehatan yang dikeluhkan,” paparnya.

Selain itu dr. Husnan bangga dengan para mahasiswa karena dipandang berhasil menggelar acara secara swadaya bergotong royong bersama masyarakat setempat. “Mereka (mahasiswa) telah berhasil, ini benar-benar program dari masyarakat, untuk masyarakat , dan oleh masyarakat berharap acara ini akan terus berlanjut dengan spectrum yang lebih luas yakni mencakup 5 Desa hingga 8 Desa.” Imbuhnya.

Pemenang diambil dari niali tertinggi dalam 4 babak yang telah dilewati oleh masing-masing peserta. Pemenang dalam Lomba Kader UKS dimenangkan oleh Sekolah Dasar Negeri (SDN) Rambipuji 04 menempati posisi pertama yang disusul oleh SDN Rambipuji 02 dan sebagai peringkat ketiga adalah SDN Rambigundam 02.

Lomba dusun siaga aktif dimenangkan oleh Dusun Gayam Desa Rambigundam untuk juara pertam, juara ke dua diraih oleh oleh tim dari Dusun Dukuhsia Desa Rambigundam, dan juara 3 diraih oleh oleh tim dari Dusun Krajan Desa Rambipuji. (Roby,Satar,mun)

Leave us a Comment