Memaknai Nilai-Nilai Perjuangan R.A Kartini

Jember, 23 April 2014

Kita sebagai wanita Indonesia terutama ibu-ibu yang tergabung dalam Dharma Wanita Persatuan Universitas Jember harus bisa memaknai nilai-nilai perjuangan R.A kartini sesuai dengan peran dan  profesi masing-masing…, demikian sepenggal kalimat yang disampaikan Dra. Priwahyu Hartanti, M.Pd, Ketua Dharma Wanita Persatuan Universitas Jember, dalam rangka peringatan Hari Kartini, Rabu 23/4, di gedung Soetardjo Universitas Jember.

Dra. Priwahyu Hartanti, M.Pd. yang merupakan istri dari rektor Universitas Jember dalam sambutannya mengatakan, seorang Kartini yang hidup di masa lalu sangatlah berbeda dengan Kartini (wanita) masa kini yang lebih mudah bergerak dan berprestasi. Di masa lalu menurutnya, kaum penjajah menyebabkan para wanita dahulu hanya terkurung di rumah.

“Kalau jaman dahulu para wanita tidak bisa berbuat apa-apa termasuk dalam hal mengenyam pendidikan, mereka hanya dikurung di dalam rumah mereka masing-masing,” tutur Dra. Priwahyu Hartanti, M.Pd. Lebih jauh dia mengatakan, dijaman sekarang kaum perempuan harus mampu mengambil peran penting dalam keluarga terutama dalam mendidik anak. Menurutnya, keterbukaan media dapat berdampak kurang bagus pada perilaku anak yang kurang mendapatkan control dari keluarga.

“Kita sekarang memang sudah terbebas dari para penjajah namun kita terutama kaum ibu juga harus waspada dengan media, jangan sampai media menjajah kita karena itu tidak baik untuk para generasi kita ke depan,” imbuhnya.

Dra. Priwahyu Hartanti, M.Pd menambahkan, Dharma Wanita Persatuan Universitas Jember terus aktif mengadakan kegiatan sosial, ekonomi maupun pendidikan. Selain memberikan pelatihan keterampilan kepada para anggotanya mereka juga membuat unit simpan pinjam khusus para anggota. Dalam bidang pendidikan, Dharma Wanita Persatuan Universitas Jember juga menyediakan beasiswa berjenjang kepada para putra-putri para anggota.

“Kami terus aktif dalam kegiatan social termasuk dalam bidang pendidikan dan ekonomi, ada beberapa putra-putri karyawan yang mendapatkan beasiswa pendidikan sampai dia lulus SMA,” pungkas Dra. Priwahyu Hartanti, M.Pd.

Dalam peringatan hari Kartini kali ini juga di meriahkan dengan penampilan-penampilan murid-murid TK Binaan Dharma Wanita Persatuan Universitas Jember. Selain itu juga digelar lomba memakai hijab yang sesuai syar’I (aturan Islam). (Mj)

Leave us a Comment