Manajemen Praktis Program Kesehatan Bagi Calon Sarjana Kesehatan Masyarakat

Jember, 28 November 2016

Menyambut Hari Kesehatan Nasional dan Bulan Kesehatan Jember 2016, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Jember menggelar berbagai acara, mulai dari seminar hingga kuliah umum. Untuk kegiatan kuliah umum, menghadirkan Mohammad Yoto, Ketua Persatuan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) Jawa Timur. Kuliah umum kali ini, selain bertujuan memberikan pengetahuan dari seorang praktisi, juga sebagai sarana memberikan bekal bagi para calon Sarjana Kesehatan Masyarakat lulusan FKM Universitas Jember. Kuliah umum diadakan di aula FKM Kampus Tegalboto (28/11).

Dalam kuliahnya, Muhammad Yoto yang juga pengarang buku “Manajemen Praktis Program” menuturkan jika kemampuan manajerial wajib dimiliki oleh seorang Sarjana Kesehatan Masyarakat. Pasalnya, seorang Sarjana Kesehatan Masyarakat dituntut untuk mampu membuat program, khususnya program kesehatan. “Dari pengalaman saya di dunia birokrasi, banyak Sarjana Kesehatan Masyarakat baru yang kesulitan saat mulai masuk dunia kerja, oleh karena itu buku yang saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi ini semoga bisa memandu Sarjana Kesehatan Masyarakat, khususnya para fresh graduate,” ujar pria yang lama mengabdi di Dinas Kesehatan ini.

Tak sekedar memberikan kuliah umum saja, Mohammad Yoto mengajak para peserta yang merupakan mahasiswa tingkat akhir untuk belajar membuat program perencanaan menanggulangi permasalahan kesehatan. Tugas ini lantas dikirimkan melalui surat elektronik untuk kemudian dievaluasi oleh Mohammad Yoto. Para peserta makin semangat, apalagi dengan iming-iming memperoleh buku karangannya. “Intinya mereka, bisa berpegang pada prinsip  manajemen yang praktis, dan bisa menjadi manajer untuk sebuah program. Sarjana Kesehatan Masyarakat harus siap terjun ke  di lapangan,” ujarnya lagi.

Sebelumnya, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKM melaksanakan seminar nasional yang diadakan di Gedung Telkom Jember (26/11). Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan ini adalah Dr. Ede Surya Darmawan dari FKM Universitas Indonesia, dan juga Mohammad Yoto.  “Seminar membahas tema besar mengenai profesi dan sub profesi dalam bidang Kesehatan Masyarakat. Selain itu membicarakan langkah-langkah apa yang dapat ditempuh untuk menjadikan profesi ahli kesehatan masyarakat  bisa sejajar dengan profesi lain di bidang kesehatan, seperti dokter, perawat, dan apoteker,“ jelas Nindi, salah seorang panitia kegiatan. (del).

Leave us a Comment